BI Bali Siapkan Layanan Drive Thru, Tukar Uang Edisi HUT Ke-75 RI

    


Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Masyarakat yang telah mendaftar untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75.000, hari ini mulai melakukan penukaran di kantor Bank Indonesia, Selasa, 18 Agustus 2020.

Di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, pelayanan dilakukan secara drive thru untuk menghindari kerumunan.

“Prosesnya sangat cepat. Secara umum, pelaksanaan layanan penukaran dapat berjalan dengan baik karena kesiapan seluruh petugas di lapangan,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho, Selasa, 18 Agustus 2020.

Dari layanan yang ada, tidak ada antrian panjang. Bahkan pada pukul 10.30 layanan penukaran UPK edisi khusus Kemerdekaan Ke-75 itu sudah tuntas.

Trisno mengatakan, UPK yang ditukar sebanyak 142 lembar. Sedangkan dalam satu hari, Kantor Perwakilan BI di luar Jakarta menyiapkan 150 lembar UPK. Sedangkan di Jakarta 300 lembar per hari.

“8 orang tidak hadir karena faktor teknis saat pendaftaran dan pengiputan oleh pendaftar,” jelasnya.

Selama ini Bank Indonesia telah empat kali menerbitkan uang edisi khusus. Yang pertama bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Ke-25 pada tahun 1970. Uang edisi khusus yang diterbitkan berbentuk logam emas dan perak.

Kemudian, pada tahun 1990 atau bertepatan dengan HUT Kemerdekaan KE-45 RI, juga diluncurkan uang logam emas dalam berbagai pecahan. HUT Ke-50 RI Bank Indonesia juga merilis koin emas dalam berbagai pecahan.

Berselang 25 tahun, BI meluncurkan edisi khusus dalam bentuk uang pecahan kertas dengan denominasi 75.000.

“Sampai akhir September pelayanan penukaran dilakukan di BI, selanjutnya akan diperluas lagi ke bank-bank lain yang memiliki jaringan luas,” kata Trisno. (Way)