Besok, Tes Seleksi CPNS Provinsi Bali Digelar

    


Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra memantau kesiapan tes CPNS, Senin, 27 Januari 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 36.193 orang besok akan mengikuti tes seleksi CPNS Provinsi Bali. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berlangsung mulai 28 Januari hingga 17 Februari 2020. Tes Seleksi CPNS diadakan di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Bali, Jalan Hayam Wuruk no. 152 Denpasar.

Sebelumnya, jumlah yang lolos administrasi sebanyak 36.225 peserta. Namun 32 orang memilih menggunakan nilai SKD tahun sebelumnya.

“Itu dimungkinkan, karena mereka sudah mengikuti TKD tahun lalu dan nilainya masih bisa dipakai,” kata Sekda Provinsi Bali Dewa Indra, Senin, 27 Januari 2020.

Untuk menampung peserta, Pemprov Bali menyiapkan dua ruangan tes berkapasitas 400 orang. Dalam sehari ada lima kali tes atau sekitar 2.000 orang.

Ditambahkan, pihaknya berupaya agar pelaksanaan tes benar-benar transparan dan akuntabel. Aturan yang diberlakukan juga cukup ketat. Panitia memastikan peserta yang mengikuti tes CPNS sesuai dengan identitas peserta. Selain itu, peserta tidak diinginkan membawa piranti lain selain yang dibutuhkan untuk tes.

“Seluruh tes mengikuti prosedur ketat. Kami menjamin orang yang tidak berhak, berada di ruangan tes,” jelasnya.

Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Bambang Hari Samasto mengatakan hasil tes CAT bisa langsung dilihat di layar komputer dan bisa dicatat oleh peserta.

Nilai itu akan langsung ditempel di papan pengumuman, 15-30 menit setelah tes selesai.

“Sekitar lima belas menit proses ngeprint dan menempel di papan pengumuman,” kata Bambang.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra memantau kesiapan tes CPNS, Senin, 27 Januari 2020. Pemantauan dilakukan bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali Ketut Lihadnyana, Ketua Komisi I DPRD Bali Nyoman Adnyana.

Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Bambang Hari Samasto, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, Inspektur Provinsi Bali I Wayan Sugiada, perwakilan kepolisian, kejaksaan, serta BPKP.

Termasuk, BKPSDM Kabupaten/Kota di Bali yang membuka formasi CPNS tahun 2019, yakni Denpasar, Buleleng, Jembrana dan Klungkung. (*)