Berbasis QRIS, Gubernur Resmikan Tatanan Baru Obyek Wisata Monkey Forest

    


Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru dan Digitalisasi Wisata Mandala Suci Wenara Wana Ubud Berbasis QRIS, di Obyek wisata Monkey Forest Ubud, Sabtu (25/7/2020) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Monkey Forest menjadi satu dari obyek wisata di Bali yang menerima sertifikasi kelayakan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru. Sebelumnya, sertifikasi diberikan kepada pantai Pandawa di Desa Kutuh, Badung dan Desa Wisata Blimbingsari di Kabupaten Jembrana.

Sesuai dengan protokol kesehatan, tujuan wisata Bali yang sudah sesuai adalah mereka yang sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan baik.

Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru dan Digitalisasi Wisata Mandala Suci Wenara Wana Ubud Berbasis QRIS, di Obyek wisata Monkey Forest Ubud, Sabtu (25/7/2020).

“Seperti yang kita lihat tidak ada penggunaan plastik termasuk sedotan yang kita temui di areal Monkey Forest,” kata Gubernur.

Sebaliknya obyek wisata dengan jumlah kunjungan terbanyak kelima di Bali ini, memiliki tempat khusus pengolahan sampah.

“Saya berharap, kondisi disini bisa ditiru tempat wisata lainnya di Bali. Sehingga mampu menjadi daya tarik setelah masa pandemi,” tambahnya.

Kesiapan Bali membuka aktifitas pariwisata dalam masa normal baru, dibarengi dengan tindakan nyata pembenahan dan kesiapan fasilitas kesehatan. Pemerintah juga memberikan keyakinan kepada dunia internasional bahwa Bali siap dengan protokol kesehatan.

Untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan tatanan kehidupan Bali era baru, obyek wisata wajib menerapkan transaksi pembayaran non tunai dengan QRIS.

Ketentuan itu sebagai salah satu syarat protokol kesehatan Covid-19 agar tidak mengalami sentuhan dengan dana cash. Mengingat, uang diyakini menjadi salah satu sarana penyebaran virus. Sistem pembayaran non tunai QRIS diberlakukan untuk penjualan tiket dan juga outlet lainnya.

Di Kabupaten Gianyar ada 11 obyek wisata yang telah siap dengan protokol kesehatan. Obyek wisata itu mengantongi sertifikat kelayakan tatanan kehidupan Bali era baru.

Obyek wisata yang telah tersertifikasi di Kabupaten Seni itu yakni, Museum Puri Lukisan, The royal Pita Maha, Alas Harum Bali, The Kayon Jungle Resort, Adi Jaya Cottages, Bebek Tepi Sawah, The Alena Resort, Purana Boutique Resort, Luwak Ubud villas, Janata Resort and spa dan Sankara Resort. (Way)