Belajar Bersama, Cara Dinparbud Purworejo Kenalkan Museum Tosan Aji

    


Para wartawan Purworejo, saat mengikuti kegiatan 'Belajar Bersama' di museum Tosan Aji, Selasa (16/09/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Cara unik dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, dalam memperkenalkan Museum Tosan Aji kepada masyarakat.

Dalam kegiatan bernama ‘Belajar Bersama’ ini, Dinparbud menggandeng para wartawan yang bertugas di Purworejo, yang tergabung dalam Pewarta Purworejo.

Puluhan wartawan dari berbagai media, baik cetak, online maupun elektronik, mengikuti kegiatan ‘Belajar Bersama’, Selasa (15/09/2020).

“Semua koleksi museum berasal dari hibah masyarakat,” jelas Agung Wibowo, Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo, saat membuka kegiatan ini.

Untuk koleksi museum sendiri, kata Agung, terdiri atas arca, keris, pedang, tombak, cundik dan puluhan benda purbakala lainnya yang dulu digunakan sebagai senjata, ritual, atau hanya hiasan

Menurutnya, koleksi Tosan Aji sebanyak 1.138 benda. Sehingga memiliki nilai yang tinggi dan sebagai pilihan tempat wisata.

“Setidaknya museum kita ini bisa bersaing dengan yang lain. Secara koleksi berani bertanding dengan museum lain,” ujar Agung.

Agung berharap, dengan mengajak wartawan untuk Belajar Bersama ini, bisa untuk lebih memperkenalkan Museum Tosan Aji, dengan menyebarluaskannya atau memberitakan destinasi wisata di Purworejo ini ke masyarakat.

“Saya berharap para wartawan dapat membantu dari sisi publikasi dan promosi. Sehingga dapat menarik masyarakat luas datang ke museum untuk belajar dan mengenal sejarah jaman dulu,” harap Agung.

Sampai saat ini, terang Agung pengunjung museum dari tahun ke tahun selalu naik. Apalagi setelah di tahun lalu direnovasi bangunan interior gedung Museum Tosan Aji.

“Untuk pengunjung rata-rata mencapai 100-150% dari target yang ditetapkan,” ungkapnya.

Karena museum ini berkaitan erat dengan tosan aji, Agung menginformasikan, bagi masyarakat yang mempunyai tosan aji,  yang sudah lama tidak dicuci dan tidak bisa mencuci, museum Tosan Aji membuka jasa pencucian tosan aji mulai pukul 10.00 sampai 14.00 WIB, gratis.

Dalam Belajar Bersama ini, para wartawan diajak berkeliling museum Tosan Aji, untuk melihat semua koleksi yang ada, dengan didampingi empat staf UPT Pengelola Alun-Alun dan Museum Tosan Aji.

Dari pihak Tosan Aji sendiri, juga mempraktekkan bagaimana cara membersihkan keris. Disini, para wartawan bebas bertanya seputar keris, dan bagaimana cara merawatnya.

Di akhir kegiatan, para wartawan diminta saran dan kritiknya demi kemajuan dan pengembangan Museum Tosan Aji. (Jon)