Begini Aturan Baru PPDB 2019/2020 di Provinsi Bali

    


Foto: Ilustrasi

KORANJURI.COM – Pendaftaran peserta didik baru SMA/SMK untuk jalur reguler di Provinsi Bali mulai dibuka pada 26 dan 27 Juni 2019 pendaftaran. Sedangkan jalur zonasi SMA untuk pendaftaran online pada 28-29 Juni mulai pukul 08.00 Wita.

“Ini bisa dipantau nanti di laman Disdik Bali di disdikpora.pemprov.go.id. Sedangkan di SMA yang akan diprioritaskan lebih dulu yakni jalur prestasi dan perpindahan orang tua,” jelas Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan UPTD Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Bali AA Gde Rai Sujaya, Kamis, 23 Mei 2019.

Sujaya melanjutkan, pengumuman PPDB akan dilaksanakan pada 5 Juli 2019 dan waktu daftar ulang tanggal 8 Juli 2019.

TERKAIT
Berpotensi Disalahgunakan, SKTM Tak Lagi Jadi Syarat Daftar Siswa Kurang Mampu

“Calon peserta didik baru yang lolos namun tidak daftar ulang atau terlewat dari tanggal yang sudah ditetapkan maka dianggap gugur,” tambahnya.

Dijelaskan lagi, di jalur reguler SMK, calon siswa diperbolehkan memilih minimal 3 kompetensi dan maksimal 6 kompetensi. Mereka yang telah memilih SMK, kata Sujaya, tidak dibolehkan lagi mendaftar di SMA.

“Yang menentukan adalah kompetensi, kalau satu sekolah punya 6 kompetensi dan calon siswa memilih enam sekaligus di satu sekolah, maka mereka tidak boleh lagi mendaftar di SMK lain,” ujarnya demikian.

Sementara, menurut Sujaya, selama ini yang jadi persoalan adalah jalur zonasi. Pada PPDB tahun pelajaran 2019/2020, zonasi ditentukan dengan jarak tempat tinggal terdekat berdasarkan pemetaan jarak udara.

Jika jarak tempat tinggal sekolah didik dan sekolah sama, maka diprioritaskan peserta yang daftar lebih awal yang diterima.

“Yang dilakukan di seleksi jalur zonasi SMA tetap jarak terdekat,” tambahnya demikian.

Yang perlu dicermati lagi oleh calon peserta didik baru, mereka yang telah mencetak bukti pendaftaran tidak diperkenankan mengganti pilihan sekolah.

“Tapi kalau belum cetak bukti masih boleh berubah pilihannya,” ujarnya demikian. (Way)