Batu Mirip Kepala Gajah Ditemukan di Goa Seplawan

    


Batu mirip kepala gajah, yang ditemukan seorang wisatawan di dalam Goa Seplawan, Kamis (27/6) pagi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebuah batu berbentuk mirip kepala gajah, ditemukan di dalam objek wisata Goa Seplawan, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kamis (27/06) pagi. Jarot Mahardika (31), warga Negara Indonesia yang menetap di Jepang, adalah wisatawan yang menemukan batu ini.

Menurut informasi, saat mengunjungi Goa Seplawan bersama dua temannya, pandangan mata Jarot tertuju pada sebuah batu yang berada di bagian atas dinding goa, di ketinggian sekitar 3 meter.

Jarot, yang didampingi seorang guide warga setempat, sempat heran, karena batu tersebut penampakannya mirip kepala gajah lengkap dengan belalainya.

Untuk memastikannya, Jarot menanyai kedua temannya, Lubis dan Anshar Sadani Jagid, serta guide yang mengantarkannya, Waluyo. Merekapun mengiyakan, kalau batu tersebut mirip kepala gajah.

“Sebelumnya saya sempat melakukan konsentrasi di area meditasi tak jauh dari tangga keluar di mulut goa,” aku Jarot.

Penemuan itupun langsung membuat heboh dan penasaran para wisatawan yang berkunjung untuk melihat lebih dekat.

Belum diketahui, secara pasti apakah batu tersebut merupakan batuan atau fosil gajah purba (Mammoth).

Saat dikonfirmasi, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Pranoto, mengatakan, bebatuan di dalam goa bisa berbentuk atau mirip apa saja.

“Terkait penemuan ini, kami akan segera melakukan pengecekan,” kata Agung Pranoto.(Jon)