Baru 7 Tahun Berdiri SMK Ilkom Ganesha Terpilih Sebagai Penyelenggara UNBK

    


Manajemen SMK Ilkom Ganseha Udayana di lab. komputer yang akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan UNBK - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kebijakan pemerintah mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) justru memberikan kesempatan kepada sekolah baru untuk unjuk taring bersanding dengan sekolah lain yang sudah cukup mapan. Seperti yang ada di SMK Ilmu Komputer Ganesha Udayana, Jimbaran, Bali ini, justru ditunjuk oleh Direktorat PSMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggelar Ujian Nasional dengan sistem jaringan itu.

Sekolah yang berdiri tahun 2008 itu sekaligus menjadi satu-satunya sekolah tingkat menengah atas yang menyelenggarakan UNBK di Kabupaten Badung. Penyelenggaraan UNBK di SMK Ilkom Ganesha juga mengacu pada kesiapan sekolah, terutama ketersediaan perangkat komputer dan jaringan internet yang memadai.

“Tahun sebelumnya kita sudah mengajukan sebagai sekolah penyelenggara UNBK tapi baru tahun ini mendapat respon. Pertimbangan kami, toh nantinya semua sekolah akan menghadapi ujian berbasis komputer, kenapa harus ditunda,” jelas Kepala SMK Ilkom Ganesha Udayana, Wayan Supardi, 2 Februari 2016.

Secara teknis, kesiapan komputer berikut sarana pendukung lainnya seperti server maupun sumber daya listrik cadangan sudah ada. Untuk daya listrik, menurut Supardi, pihaknya menyediakan UPS dan genzet. Sedangkan jaringan internet pada uji coba simulasi yang sudah dilakukan, cukup bisa diandalkan mengunduh materi soal dari server pusat di Jakarta.

Supardi menjelaskan, kesiapan tersebut akan terus dimantapkan sejalan dengan percobaan perangkat dan simulasi yang kembali akan dilangsungkan pada bulan Februari ini. Di SMK Ilkom Ganesha Udayana ada 27 peserta yang akan mengikuti ujian nasional online. Persyaratan penyelenggara UNBK wajib memiliki sepertiga komputer dari jumlah siswa ditambah dengan server dan komputer cadangan.

SMK Ilmu Komputer Ganesha Udayana memiliki dua jurusan yakni, Komputer yang membawahi program studi Multimedia dan Pariwisata dengan kompetensi Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan (AP). Sebelumnya, SMK Ilkom Ganesha Udayana pernah meraih nilai UN rata-rata peringkat ke-9 se-Provinsi Bali.

“Secara akademik kami pernah meraih UN rata-rata tertinggi di Bali. Yang pasti prestasi lain diluar akademis tetap akan kami raih,” jelas Wayan Supardi.

SMK Ilmu Komunikasi Ganesha Udayana dirintis sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainnya di Kabupaten Badung. Penataan demi penataan terus dilakukan terutama bidang akademis dan praktik.

Di dunia usaha dan dunia industri, tamatan SMK Ilkom Ganesha Udayana selalu ditunggu oleh dunia usaha pariwisata dan perhotelan di kawasan Kuta, Jimbaran maupun Nusa Dua.

“Semua tamatan disini terserap di dunia usaha pariwisata, ada juga yang berhasil membuka usaha sendiri,” ujar Wayan Supardi.
 
 
way

Hits: 0