Banyak Pelanggaran selama Pandemi, Polres Metro Depok Kembali Terapkan Tilang

    


Kasat Lantas Polres Depok Kompol Erwin Aras Genda - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Satlantas Polres Metro Depok kembali akan menerapkan sanksi tilang terhadap pengendara kendaraan di Jalan Raya Depok. Sebelum itu dilakukan, sosialisasi dilakukan terlebih dulu.

Kasat Lantas Polres Depok Kompol Erwin Aras Genda menjelaskan, sosialisasi akan digelar berbarengan dengan wilayah hukum Polda Metro Jaya agar masyarakat tertib dalam berlalu lintas di masa normal baru.

“Selama sepekan ini, kami akan sosialisasikan kepada masyarakat secara masif agar tertib berlalu lintas dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas,” ujarnya di Depok Selasa, (14/7/2020).

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu penerapan tindakan tilang bagi pelanggar lalu lintas dari Dirlantas Polda Metro Jaya.

Kepolisian menemukan beberapa pelanggaran lalu lintas yang terekam melalui kamera CCTV Ditlantas Polda Metro Jaya di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Di masa pandemi covid-19 ini, begitu banyak pelanggaran terpantau melalui rekaman elektronik. Termasuk di Depok,” ujarnya.

Dari catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, angka pelanggaran lalu lintas meningkatkan hingga 50 persen sejak diterapkan PSBB hingga masa new normal.

Ada 15 jenis pelanggaran yang mencolok di wilayah Polda Metro Jaya yakni, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, mengendarai kendaraan di atas trotoar, menerobos jalur busway, menerobos bahu jalan, sepeda motor masuk ke jalan tol, jalan layang non-tol, kendaraan melebihi kapasitas, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan helm, serta tidak melengkapi surat kendaraan. (Bob)