Banyak Pasangan Subur, Kampung ini Didaulat sebagai Kampung KB

    


Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Catatan Sipil Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH, dan segenap tamu undangan, saat menyambangi Kampung KB Desa Ketiwijayan dengan naik andong, Selasa (18/4) – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Desa Ketiwijayan, Kecamatan Bayan, akhirnya diresmikan menjadi Kampung KB tingkat kecamatan. Peresmian dilakukan oleh Sukmo Widi Harwanto, SH, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Catatan Sipil Purworejo, Selasa (18/4).

Desa Ketiwijayan, merupakan Kampung KB yang keempat diresmikan, setelah Jogoboyo (Purwodadi), Sidomulyo (Purworejo), dan Pelutan (Gebang), dari target 16 Kampung KB se kabupaten Purworejo.

Usai meresmikan Kampung KB Desa Ketiwijayan, Sukmo dengan didampingi Kepala Desa Ketiwijayan dan segenap tamu undangan, berkesempatan keliling Desa Ketiwijayan dengan naik andong.

“Salah satu pertimbangan kenapa Desa Ketiwijayan ditetapkan sebagai Kampung KB, karena di desa ini banyak pasangan usia subur, namun masih banyak yang belum mengikuti KB, untuk pengendalian jumlah penduduk,” jelas Sukmo.

Diadakannya Kampung KB, kata Sukmo, dalam rangka menguatkan basis di tingkat keluarga, sehingga setiap keluarga diharapkan ada kepedulian dan kemandirian, untuk melaksanakan KB dan pengendalian penduduk tanpa tergantung lagi pada pemerintah.

Pada peresmian Kampung KB Desa Ketiwijayan, ada pemasangan KB cara implan dan IUD gratis, bagi 180 peserta yang sudah mendaftarkan diri. Mereka ini, para akseptor dari berbagai wilayah se kecamatan Bayan.

“Kita juga melayani pengurusan dokumen kependudukan gratis, untuk KTP, KK, maupun akte kelahiran,” pungkas Sukmo.
 
 
Jon

Hits: 1