Bantu Pulihkan Ekonomi, Gubernur Apresiasi Kemnaker Gelar MICE di Bali

    


Gubernur Bali Wayan Koster Hadiri MICE 'Naker Tanggap Covid 2020' di Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Bali mulai 11-13 September 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Naker Tanggap Covid 2020 berlangsung di Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali mulai 11-13 September 2020. Kegiatan MICE itu, menjadi yang terbesar selama masa pandemi covid-19 di Bali.

Gubernur Bali Wayan Koster mengungkapkan, meeting, incentive, convention, exhibition itu membantu mempercepat pemulihan ekonomi Bali yang terpuruk akibat pandemi covid-19.

“Ini adalah acara terbesar yang diselenggarakan di Bali sejak pandemi covid-19. Saya sangat mengapresiasi kepada Kementerian terkait atas dukungan dalam upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi masyarakat Bali,” kata Koster, Sabtu, 12 September 2020.

Dikatakan Gubernur, pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan ke-2 mengalami kontraksi cukup dalam hingga -10,98%. Banyak tenaga kerja terpaksa dirumahkan bahkan di-PHK.

Ia berharap, kegiatan serupa dapat kembali dilakukan dengan mengambil lokasi di kabupaten lain di Bali. Sehingga, secara perlahan ekonomi masyarakat Bali secara menyeluruh akan bisa bangkit dari keterpurukan.

Pemerintah Provinsi Bali saat ini tengah berupaya keras melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan yakni, melobi ke pusat agar Kementerian dan lembaga negara mengalihkan kegiatannya ke Bali.

Acara yang diadakan Kementerian Ketenagakerjaan itu menggelar expo produk Tenaga Kerja Mandiri (TKM) binaan Kemnaker, Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan bagi TKM, dan pemberian bantuan secara simbolis pada TKM.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, kegiatan itu bertujuan menyampaikan semua program di bidang ketenagakerjaan yang sedang dan akan berjalan di tahun 2020. Dengan goals yang ada yakni, pemulihan perekonomian tenaga kerja.

Ida mengatakan, Presiden mengambil kebijakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai program prioritas pertama, dari lima program prioritas pembangunan yang telah ditetapkan.

Salah satu implementasinya yakni, mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Program ini dirintis sejak 2017 hingga tahun 2019. Saat ini, Kata Ida Fauziyah, telah berdiri 1.113 lembaga BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Tahun 2020 ini, Kemnaker tetap berkomitmen mempercepat membangun BLK Komunitas. BLK yang ada menjadi bagian dari agenda peningkatan SDM ketenagakerjaan Indonesia yang berifat partisipatoris,” kata Ida.

Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap, program vokasi BLK ini dilakukan secara masif sesuai kebutuhan pasar. Hal itu akan menjadi stimulus untuk munculnya kewirausahaan baru yang bisa menyerap tenaga kerja.

“Dengan langkah strategis upaya pemulihan ekonomi, saya yakin Indonesia akan kembali bangkit dan perekonomian berangsur membaik,” kata Airlangga. (Way/*)