Bank Purworejo Raih Penghargaan Golden Awards dan Top 100 BPR 2018

    


Wahyu Argono Irawanto, SE, MM, Direktur Utama BPR Bank Purworejo, dengan dua penghargaan bergengsinya, The Golden Awards dan Top 100 BPR 2018 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Prestasi membanggakan diraih PD BPR Bank Purworejo. Pada tahun ini, bank milik Pemda Purworejo ini meraih dua penghargaan bergengsi, Golden Awards dan Top 100 BPR 2018. Golden Awards diberikan oleh Majalah Info Bank, dan Top 100 BPR 2018 dari e-magazine The Finance.

Untuk penghargaan Golden Awards, diberikan setiap lima tahun sekali. Dasar dari penilaian ini, karena Bank Purworejo sejak tahun 2010 hingga saat ini, selalu mendapat penghargaan dengan penilaian berkinerja sangat bagus setiap tahunnya.

Dan penghargaan The Golden Award diberikan lima tahun sekali, untuk peserta yang mendapat penilaian berkinerja sangat bagus 5 kali berturut-turut. Penilaian kali ini, untuk periode 2013 – 2017. Dan Golden Awards tahun ini, merupakan penghargaan yang ketiga kalinya yang diterima Bank Purworejo secara terus menerus.

“Penyerahan Golden Awards dilakukan di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta pada Rabu (15/8) lalu, dengan disaksikan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” jelas Wahyu Argono Irawanto, SE, MM, Direktur Utama BPR Bank Purworejo, Senin (20/8).

Wahyu Argono Irawanto, saat menerima penghargaan The Golden Awards di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Rabu (15/8) lalu - foto: Sujono/Koranjuri.com

Wahyu Argono Irawanto, saat menerima penghargaan The Golden Awards di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Rabu (15/8) lalu – foto: Sujono/Koranjuri.com

Dijelaskan oleh Wahyu, setiap tahun sekali, Majalah Info Bank selalu membuat penilaian terhadap bank-bank (BPR) yang ada di Indonesia. Penilaiannya mengambil dari web resmi OJK. Kriteria penilaian meliputi permodalan, kualitas aset, rentabilitas (laba yang dihasilkan), likuiditas (ketersediaan uang), dan efisiensi.

Jumlah BPR se Indonesia yang mendapat penilaian, kata Wahyu, mencapai 1.619. Dari jumlah tersebut, 481 mendapatkan penilaian berkinerja sangat bagus. Dan Bank Purworejo, merupakan salah satunya.

Untuk penghargaan Top 100 BPR 2018, diberikan The Finance di Hotel Red Top, Jakarta pada Jum’at (29/6) lalu, dan diserahkan oleh Joko Suyanto dari Perbarindo (Persatuan Bank BPR Indonesia). Dasar penilaiannya sendiri, tak jauh beda dengan penilaian Golden Awards. Pada penilaian ini, diberikan setiap tiga tahun sekali. Dan Bank Purworejo, masuk Top 100 BPR 2018 untuk kategori aset 100 milyar ke atas yang tumbuh pesat selama tiga tahun.

“Alhamdulillah, kita mendapat penghargaan bintang lima,” kata Wahyu bangga, sambil menunjukkan penghargaan tersebut.

Lebih jauh Wahyu menjelaskan, bahwa jumlah nasabah Bank Purworejo saat ini mencapai 16 ribu orang. Dengan modal Rp 24 milyar, Bank Purworejo mampu menghimpun dana dari pihak ketiga sebanyak Rp 117 milyar (tabungan, deposito). Bank yang memiliki aset Rp 198 milyar ini, mampu menyalurkan kredit hingga Rp 172 milyar.

“Penghargaan tersebut merupakan sebuah bentuk pengakuan. Hal itu bisa dijadikan motivasi bagi karyawan, untuk bisa mempertahankannya, dan bekerja lebih baik lagi, melampaui rencana bisnis yang sudah ditetapkan,” pungkas Wahyu. (Jon)