Bangun Kekuatan Baru Digital, Indosat Ooredoo dan Cisco System Inc. Teken MoU

    


Indosat Ooredoo dan Cisco berkolaborasi dalam menghadirkan solusi konektivitas next-generation untuk semua jenis bisnis - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Indosat Ooredoo dan Cisco System Inc. berkolaborasi dalam menghadirkan solusi konektivitas next-generation untuk semua jenis bisnis. Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Indosat Ooredoo dan Cisco di San Jose, California. L, dan diumumkan di Jakarta pada Rabu, 3 November 2021.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengungkapkan kedua perusahaan berencana untuk mengembangkan aplikasi yang memungkinkan sejumlah layanan baru untuk transformasi digital di berbagai industri. Kemitraan ini hadir seiring Indonesia menyambut lebih banyak peluncuran komersial layanan 5G.

Selain itu, kemitraan ini akan memperkuat jaringan seluler dan fiber optic Indosat Ooredoo untuk peluncuran komersial layanan 5G dan konektivitas berkecepatan tinggi yang lebih banyak ke depannya. Penguatan jaringan ini akan memungkinkan Indosat Ooredoo menghadirkan berbagai kapabilitas. Seperti layanan teknologi low-latency, managed Wi-Fi, dan managed SD-WAN, yang akan memberi keunggulan atas penawaran dan posisi perusahaan di era 5G ini.

“Kami sangat antusias terhadap fase berikutnya dari evolusi kami, yang akan membuka jalan bagi inovasi yang masif dan melahirkan layanan generasi terbaru yang akan bermanfaat bagi perekonomian Indonesia,” kata Ahmad Al-Neama.

Ahmand menambahkan, seiring bisnis perusahaan yang terus bertransformasi dan menggunakan solusi digital untuk penawaran mereka, pihaknya bangga bermitra dengan Cisco untuk menghadirkan solusi konektivitas next-generation untuk semua jenis bisnis.

“Kami percaya kemitraan strategis ini akan berperan penting dalam mendukung Pemerintah mempercepat transformasi digital di Indonesia,” ujar Ahmad.

Transisi ke 5G merupakan hal yang fundamental bagi visi Indosat Ooredoo, karena 5G merupakan fondasi bagi solusi masa depan, termasuk smart city, Internet-of-Things (IoT), dan layanan vertikal lainnya.

Virtualisasi dan otomatisasi jaringan akan memainkan peran penting dalam blueprint strategis penyedia layanan, menciptakan jaringan terukur yang mendukung lahirnya beragam layanan baru dengan cara yang paling cepat dan agile.

Sementara itu, President Asia Pacific and Japan, Service Provider Business, Cisco Systems, Sanjay Kaul mengatakan, kolaborasi Cisco dengan Indosat Ooredoo akan menggabungkan kapabilitas yang terbaik dari kedua perusahaan dalam menghadirkan infrastruktur next-generation network, yang didukung oleh jaringan fiber optic software-defined routed, yang memberikan manfaat kelincahan layanan dan nilai tambah digital bagi perusahaan kecil, menengah, dan besar di era 5G.

“Kami sangat antusias terhadap fase berikutnya dari evolusi kami, yang akan membuka jalan bagi inovasi yang masif dan melahirkan layanan generasi terbaru yang akan bermanfaat bagi perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Kedua perusahaan juga akan mengembangkan use case yang mempercepat penggelaran konektivitas next-generation network dan layanan 5G di berbagai segmen pelanggan dan untuk memastikan kesiapan 5G dalam mendukung komitmen Indosat Ooredoo menghadirkan pengalaman pelanggan yang aman dan terjamin di seluruh tanah air. (Way)