Balon Bupati Purworejo Kompol Reban Paparkan Program Kemitraan Ternak Domba

    


Kompol Reban, balon Bupati Purworejo di Pilkada 2020, kembangkan kemitraan ternak domba - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kompol Dr Reban, SE, MSi, salah satu balon bupati Purworejo di Pilkada 2020, yang juga pembina koperasi UMKM RI, kini tengah mengembangkan program kemitraan dengan petani dengan beternak domba.

Saat ini, Reban tengah melakukan sosialisasi, dengan melakukan pembangunan kandang kambing di Desa Gebang, Kecamatan Gebang. Dan rencananya, akan ada beberapa desa lagi yang akan dijadikan lokasi pembangunan kandang.

“Program kemitraan ini tidak melibatkan unsur birokrat, koperasi langsung berhubungan dengan calon anggota,” ungkap Reban, Selasa (12/11).

Calon anggota, jelas Reban, dapat menyiapkan lahan bersertifikat, lalu koperasi akan langsung membangunkan kandang, dengan kapasitas satu kandang untuk 30 ekor domba.

Program ini, dengan sistem penggemukan. Anggota akan dikirim domba umur 4 bulan. Dan tugas anggota, memelihara domba tersebut selama 3 bulan. Setelah 3 bulan domba dibeli oleh koperasi dengan harga sesuai pasar. Pakan hasil fermentasi juga di kirim oleh koperasi.

Dijelaskan, dalam masa pemeliharaan, petani pemelihara akan mendapat keuntungan bersih sekitar Rp 6 juta. Tak hanya itu. Air kencing dan kotoran domba juga akan dibeli oleh pihak koperasi.

“Hasil penjualan air kencing dan kotoran domba diluar keuntungan penjualan domba. Berarti keuntungan petani berasal dari penjualan domba, air kencing dan kotoran dengan harga yang cukup baik,” kata Reban, putra asli Purworejo.

Lebih jauh Reban mengatakan, sangat ingin membangun daerahnya dari pinggiran (desa/petani). Bila kehidupan masyarakat desa sejahtera dan penghasilan memadai, dengan sendirinya daerah akan maju. Sebab daya beli masyarakatnya sudah meningkat.

“Kita targetkan bisa membangun 10 ribu kandang,” pungkas Reban. (Jon)