Bali Diserbu Proyek Trotoar

    


Proyek Peningkatan jalan dan pembangunan trotoar Blahkiuh-Kedampal milik PT Adi Murti - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dengan anggaran mencapai puluhan milyar rupiah, Bali mempermak wajah bahu jalan dengan proyek trotoarisasi. Di beberapa titik jalan nasional milik dinas PU Provinsi Bali tercatat ada dua proyek yang saat ini tengah dikerjakan.

Di Kabupaten Badung, PT Adi Murti kebagian jatah merehabilitasi trotoar dan peningkatan jalan kecamatan. Nilai yang tersedot untuk proyek tersebut mencapai Rp 6,7 milyar.

Ngurah Nova Ariawan dari PT Adi Murti mengatakan, jalan akan mengalami pelebaran menjadi 5 meter dari yang sudah ada selebar 3,5 meter.

“Panjang jalan 1,7 km semuanya full hotmix,” kata Nova, Kamis, 9 Juni 2016.

Pengawas dari Bina Marga Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Danuputra mengatakan, drainase tetap mempertankan seperti posisi semula dan tidak ada pergeseran.

Selain itu, material berupa uditch dan plat penutup drainase tidak diganti. Dengan pertimbangan, material lama dalam kondisi masih layak pakai.

“Ini baru dibangun tahun 2013 lalu jadi masih layak pakai,” terang Danuputra.

Sementara, tak jauh dari proyek Blahkiuh-Kedampal milik PT Adi Murti, ada dua paket proyek lain yang dikerjakan PT Karya Bali Utama Perkasa. Kedua proyek itu, menurut Danuputra berbeda nilai kontrak meski sama-sama merehabilitasi trotoar jalan.

Kedua proyek itu digelontor dari dana APBD Kabupaten Badung dengan nilai total lebih dari Rp 7,5 milyar.
 
 
Way