Baksos Safari KB Muslimat NU Purworejo Dinilai Tim Provinsi Jateng

    


Baksos Muslimat NU KB Kes Kabupaten Purworejo, dinilai Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Propinsi Jateng, Selasa (26/2), bertempat di Klinik Duta Medika, Maron, Loano - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Baksos Muslimat NU KB Kes Kabupaten Purworejo, dinilai Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Propinsi Jateng, Selasa (26/2).

Muslimat NU KB Kes Kabupaten Purworejo sendiri, menjadi salah satu dari 6 nominator Muslimat NU KB Kes se Jawa Tengah.

Dalam Baksos KB Muslimat NU yang berlangsung di Klinik Duta Medika, Maron, Loano itu, tim penilai diketuai Asteria Dewi, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Propinsi Jateng, dengan anggota dari BKKBN Jateng, serta Muslimat NU Jateng.

“Dasar dari pelaksanaan kegiatan ini, Rakor Penggerakan KB Muslimat NU tingkat Jateng beberapa waktu lalu. Nantinya akan diambil juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3,” jelas Asteria Dewi.

Selain Purworejo, kata Asteria, ada Muslimat NU Pekalongan, Rembang, Banjarnegara, Semarang dan Karanganyar yang dinilai Tim penilai. Dasar dari penilaian itu sendiri, menurut Asteria, antara lain, pencapaian jumlah akseptor, kegiatan UPPKS, BKR, BKL, dan BKB.

Namun yang lebih penting, kata Asteria, pada upaya penggerakannya, dalam mengumpulkan akseptor. Karena untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya ber-KB, tidak mudah, dan perlu perjuangan berat.

“Yang penting, bagaimana cara kader dalam memberikan perspektif pada perempuan untuk sadar ber-KB,” ujar Asteria.

Dalam mensukseskan program KB ini, kata Asteria, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Tapi perlu bermitra dan bekerja sama dengan pihak lain. Salah satu diantaranya, dengan Muslimat NU.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Purworejo, Maslikhati Madchan Anies menjelaskan, kegiatan baksos Safari KB tersebut diadakan dalam rangka HUT Muslimat NU yang ke 73. Dalam baksos tersebut, terdaftar 200 akseptor KB dari berbagai wilayah se Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut, tim penilai disambut Asisten 1 Sekda Purworejo, Sumharjono, Kepala Dinsosdukkbpppa Kabupaten Purworejo, Kuswantoro, serta dihadiri Camat Loano, Danramil Loano, Kapolsek Loano, serta segenap tamu undangan. (Jon)