Awal Oktober, Legian Kelod Gelar Event Lomba Bapang Barong

    


Panitia event Lomba Bapang Barong yang akan diadakan di Wantilan Pura Desa Kahyangan, Desa Adat Legian di awal Oktober 2018 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sejumlah agenda dan event wisata menjadi sarana pendongkrak promosi pariwisata. Terutama di jantung pariwisata Bali yang meliputi, Legian, Kuta maupun Seminyak.

Event wisata itu juga digagas para pemuda-pemudi di Banjar Legian Kelod, Desa Adat Legian. Selama 2 hari, 6-7 Oktober 2018, sebuah pertunjukkan tradisi Bapang Barong akan dilombakan di Wantilan Pura Desa Kahyangan, Desa Adat Legian.

Ketua panitia event, Widarma Putra menjelaskan, ada beberapa kategori yang dilombakan, diantaranya Kendang Baris dan Barong Buntut untuk anak usia 9-14 tahun, serta Barong Ket untuk usia 15-26 tahun.

“Kegiatan ini digelar sebagai komitmen generasi muda melestarikan tradisi budaya yang ada di Bali,” jelas Widarma Putra.

Menurutnya, event lomba ini digelar untuk kedua kalinya. Hanya saja, tahun ini fokus kegiatannya pada lomba Bapang Barong. Sedangkan tahun sebelumnya hanya diadakan lomba Mekendang Tunggal.

Sementara, untuk kegiatan selama dua hari itu sedikitnya menghabiskan biaya Rp 100 juta. (Way)