Atraksi Polisi Cilik Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73 di Purworejo

    


Penampilan Polisi Cilik dari SDN Kutoarjo 1, dalam puncak peringatan HUT Bhayangkara ke 73 Polres Purworejo, di Mapolsek Grabag, Rabu (10/7) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tim Pocil (Polisi Cilik) dari SDN Kutoarjo 1, juara satu lomba polisi cilik tingkat eks Karisidenan Kedu, dan urutan 10 tingkat Polda Jateng, unjuk kebolehan dalam puncak peringatan HUT Bhayangkara yang ke 73, di Mapolsek Grabag.

Dalam kesempatan tersebut, tim Pocil binaan Satlantas Polres Purworejo, dengan sigap dan kompak, melakukan gerakan gerakan baris berbaris dasar, beberapa gerakan isyarat pengaturan lalu lintas, serta variasi peraturan baris berbaris.

Puncak peringatan HUT Bhayangkara ke 73 di Polres Purworejo, memang dipusatkan di Mapolsek Grabag, Rabu (10/7), dengan apel bersama. Kegiatan ini, dihadiri para pimpinan jajaran Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan pelajar, serta segenap tamu undangan dari berbagai komponen masyarakat.

Dipilihnya Polsek Grabag, menurut Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, yang dalam kesempatan tersebut menjadi inspektur upacara, selain memang perintah dari Kapolda, karena Mapolsek Grabag merupakan juara satu dalam lomba Polsek terbersih.

“Hanya Polsek Grabag, yang memiliki halaman luas untuk saat ini. Kegiatan ini, juga untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat,” ujar Kapolres Purworejo, usai kegiatan apel bersama.

Peringatan HUT Bhayangkara ke 73 tahun ini, kata kapolres, juga sangat istimewa, karena polri telah sukses dalam pengamanan pemilu. Dipilihnya salah satu polsek sebagai pusat peringatan, agar masyarakat juga ikut merasakan kebahagiaan bersama polisi.

Dengan bertambahnya usia, kapolres berharap, polri makin dewasa dan profesional, mengurangi konflik-konflik di masyarakat, serta tidak menutup diri terhadap masukan-masukan, demi kebaikan polisi.

“Kita juga mengedepankan perpolisian masyarakat, yakni masyarakat yang bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri,” kata Kapolres Purworejo.

Dalam puncak peringatan HUT Bhayangkara tersebut, juga ada pemberian hadiah maupun penghargaan dari Polres Purworejo, kepada para pemenang berbagai lomba yang diadakan dalam menyambut HUT Bhayangkara, diantaranya, lomba voli, futsal, tenis, acapella, siskamling, anggota teladan, maupun kepada warga masyarakat yang berjasa membantu tugas kepolisian. (Jon)