Angka Lakalantas Selama Operasi Ketupat Candi 2019 di Polres Purworejo Menurun

    


Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong dan Dandim 0708, Letkol Inf Muchlis Gasim, saat menjadi inspektur upacara dalam apel konsolidasi Operasi Ketupat Candi 2019 dan Pengamanan Menjelang dilaksanakannya Sidang Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi tahun 2019, Kamis (13/6), di halaman Mapolres Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama 13 hari, dari Rabu (29/5) hingga Senin (10/6), akhirnya pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019 dalam rangka pengamanan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di wilayah hukum Polres Purworejo telah berakhir.

Dibandingkan Operasi Ketupat Candi 2018, kejadian laka lantas selama pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019 mengalami penurunan yang signifikan.

Demikian dikatakan Kapolres Purworejo, AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, dalam apel konsolidasi Operasi Ketupat Candi 2019 dan Pengamanan Menjelang Dilaksanakannya Sidang Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum
(PHPU) di Mahkamah Konstitusi tahun 2019, Kamis (13/6) di halaman Mapolres Purworejo.

“Secara umum, pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019 aman dan lancar,” ujar Indra Kurniawan, yang didampingi Dandim 0708, Letkol Inf Muchlis Gasim.

Dijelaskan oleh Indra Kurniawan, usai apel konsolidasi, bahwa dalam arus mudik tahun ini, jalur selatan-selatan merupakan jalur favorit. Di wilayah Purworejo, sempat terjadi kemacetan di perempatan jalur Daendels di Ketawangrejo, karena adanya pertunjukan pasar malam di dekat perempatan.

Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019, terjadi 10 kejadian lakalantas, dengan korban meninggal 3 orang, luka berat 2 orang, luka ringan 16 orang, serta kerugian material mencapai Rp 6 juta.

Pada pelaksanaan operasi yang sama tahun lalu, terjadi 13 kejadian lakalantas, dengan korban meninggal nihil, luka berat 3 orang, luka ringan 16 orang, dengan jumlah kerugian material mencapai Rp 8,9 juta.

“Meski saat ini pelaksanaan Operasi Ketupat telah usai, namun pengamanan terus kita lakukan. Saat ini kita fokus pada pengamanan untuk pengunjung pantai Jatimalang dan pantai Jetis,” ungkap Indra Kurniawan.

Menjelang dilaksanakannya Sidang Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum
(PHPU) di Mahkamah Konstitusi tahun 2019, ujar Indra Kurniawan, Polres Purworejo mengkhususkan pengamanan di kantor KPU dan Bawaslu. (Jon)