Anggota Polres Gianyar Pentaskan Bondres Edukasi Protokol Kesehatan

    


Polres Gianyar Hadirkan Bondres untuk menghimbau masyarakat untuk taat menjalankan protokol kesehatan di Catus Pata Ubud Gianyar, Rabu (28/10/2020) - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk menekan penyebaran Covid-19, berbagai upaya dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya melalui kesenian bondres.

Bondres yang biasanya ditampilkan saat upacara keagamaan ini, ditampilkan sebagai wahana edukasi protokol kesehatan. Seniman pun berasal dari anggota Polres Gianyar.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, Kamis (29/10/2020) mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut perintah dari Kapolda Bali.

“Dari budaya dan kearifan lokal kita berikan edukasi kepada masyarakat untuk patuh dan taat protokol kesehatan terutama 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan,” kata Dewa Made Adnyana, Rabu (27/10/2020).

Kehadiran kesenian Bondres itu, kata Kapolres, mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat dan pengguna jalan yang sedang melintas. Termasuk, wisatawan asing yang sedang berada di sekitar Puri Ubud.

“Himbauan protokol kesehatan ini menggunakan tiga bahasa yakni, Bahasa Bali, Bahasa Indonesia, serta Bahasa Inggris, mengingat Ubud merupakan wilayah berliburnya wisatawan asing,” kata Adnyana.

Pertunjukan seni itu dibarengi dengan membagikan masker kepada wisatawan dan masyarakat. (ning)