Anggota FKPPI Purworejo Diklat SAR

    


50 anggota FKPPI Purworejo sedang menjalani pelatihan SAR - foto: Sujono

KORANJURI.COM – Sebanyak 50 anggota FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan & Putra Putri TNI-POLRI cabang Purworejo, ikuti pelatihan SAR. Pelatihan dilaksanakan di lapangan Yonif 412 Kostrad.

Menurut Wiwik Setyo Waspodo, ketua pelaksana diklat, pelatihan SAR dilaksanakan satu hari, Sabtu (5/12). Ke 50 peserta pelatihan, diambil secara perwakilan dari tiap-tiap kecamatan.

Pelatihan dibuka dengan pengarahan umum oleh Dandim 0708 Purworejo, dilanjutkan pemberian materi oleh BPBD dan Tim SAR daerah.

BPBD memberikan materi tentang mekanisme tata cara operasi jika terjadi bencana. Tim SAR, memberikan materi tentang pelatihan SAR.

Latihan praktek, dibimbing oleh instruktur dari anggota Yonif 412 Kostrad. Anggota pelatihan diajari dengan materi simulasi pesawat heli, praktek mobud (mobile udara), dan panjat tebing.

“Tujuan pelatihan, mempersiapkan anggota FKPPI agar memiliki keahlian dalam penanganan bencana, mengingat Purworejo itu daerah rawan bencana, terutama banjir dan tanah longsor,” jelas Wiwik, yang juga Sekretaris FKPPI Purworejo.

Kedepan, lanjut Wiwik, pelatihan akan terus dilakukan dengan pendalaman materi, seperti survival, peta kompas, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), SAR air, iklim cuaca, dan ilmu bintang.
 
 
Jon