Alur Pendaftaran PPDB di SMKN 3 Purworejo

    


Kepala SMKN 3 Purworejo, Samsiyah, S.Pd, saat meninjau ruang informasi dan konsultasi PPDB online, Rabu (17/6/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMKN 3 Purworejo, untuk tahun 2020 ini, membuka pendaftaran siswa baru dengan sistem online (PPDB online). Pendaftaran dibuka dari tanggal 17 Juni hingga 25 Juni 2020, dengan jalur pendaftaran prestasi dan afirmasi.

Tata cara pendaftarannya, membuka link pendaftaran di https://ppdb.jatengprov.go.id, membuat surat pernyataan kebenaran dokumen dan diunggah (contoh dapat di lihat di situs ppdb), melakukan registrasi akun dan verifikasi pendaftaran mandiri di sistem aplikasi ppdb.

Selanjutnya, menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem ppdb, mengunggah surat keterangan yang diterbitkan oleh dinas kesehatan provinsi yang bersangkutan, bagi calon peserta didik yang merupakan putra putri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya, dengan wilayah kerja di luar provinsi Jateng.

Apabila calon peserta didik telah manginput data yang diperlukan, maka akan memperoleh nomor pendaftaran. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB, dengan nomor peserta PPDB.

Menurut Kepala SMKN 3 Purworejo, Samsiyah, S.Pd, untuk pengolahan data/seleksi dilaksanakan dari tanggal 26 -29 Juni 2020. Pengumumannya, tanggal 30 Juni 2020, dan daftar ulangnya tanggal 1 Juli hingga 8 Juli 2020. Untuk hari pertama masuk sekolah, 13 Juli 2020.

“Kuota SMKN 3 Purworejo, 360 siswa, dengan jumlah per rombel 36 siswa, untuk 3 kompetensi keahlian, yakni, tata boga (144 siswa), tata busana (144 siswa) dan tata kecantikan kulit dan rambut (72 siswa),” jelas Samsiyah, Rabu (17/6/2020).

Untuk syarat-syarat pendaftaran, kata Samsiyah, dengan meng-upload scan nilai rapor semester 1-5, KK dan akte, surat keterangan akreditasi SMP, foto 3×4, surat keterangan berbadan sehat dan tak buta warna yang ditandatangani orang tua, serta usia tak boleh lebih dari 21 tahun

Selama pelaksanaan PPDB online, di SMK 3 Purworejo juga dilengkapi dengan ruang informasi dan konsultasi, yang diperuntukkan bagi para calon pendaftar yang menginginkan bantuan, baik berupa informasi ataupun konsultasi seputar PPDB online.

Samsiyah mengungkapkan, SMKN 3 Purworejo memiliki fasilitas KBM yang produktif, dengan ruang praktek yang lengkap, hubungan kerja sama yang baik dan luas dengan DUDI, serta uji kompetensi LSP-P1 dengan sertifikat BNSP.

“Jadi kompetensi keahlian siswa tak diragukan lagi. Dengan adanya BKK (Bursa Kerja Khusus), sangat membantu alumni dalam penyalurannya ke dunia kerja. Sebelum ada Covid-19, penyaluran alumni tiap tahunnya hampir mencapai 100 persen, pada tahun pertama dari kelulusan” beber Samsiyah.

Dijelaskan pula, bahwa di SMKN 3 Purworejo, ada kegiatan ekstrakurikuler yang sangat mendukung pencapaian kompetensi siswa, seperti Pramuka, pencak silat, PMR, teather, dan lainnya.

“Di bidang akademik, tahun ini kita mewakili provinsi Jateng dalam LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tingkat nasional untuk kompetensi keahlian tata boga,” pungkas Samsiyah, yang didampingi Titi Yuli Istiqomah, SPd, selaku ketua panitia PPDB online SMKN 3 Purworejo. (Jon)