Alumni ITB Berharap Koster Tumbuhkan Industri Diluar Pariwisata

    


Cagub Bali nomer urut 1 I Wayan Koster menghadiri 'Temu Alumni ITB Bali' di Hotel Inna Grand Bali Beach, Minggu, 1 April 2018 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IAI) Provinsi Bali mengadakan ‘Temu Alumni ITB Bali’ di Hotel Inna Grand Bali Beach, Minggu, 1 April 2018. Pertemuan itu juga dihadiri calon Gubernur Bali nomer urut 1 I Wayan Koster.

Ketua Panitia Temu Alumni ITB Bali, Ida Bagus Kesawa Narayana mengatakan, sepanjang sejarah, baru kali ini ada alumni ITB yang ikut ambil bagian pada Pilkada di Bali.

“Baru kali ini kita punya calon Gubernur Bali dari alumni ITB,” kata Narayana, Minggu 1 April 2018.

Pertemuan tersebut, kata Narayana, sengaja diinisasi untuk memberi masukan kepada Wayan Koster dalam memimpin Bali ke depan. Salah satu pondasi ekonomi Bali satu-satunya hanyalah industri pariwisata.

“Kami ingin memberikan masukan bagi rekan kita Pak Wayan Koster dalam kaitannya bagaimana membangun Bali ini ke depan, agar sumbangan pemikiran pembangunan itu tidak hanya dimonopoli pariwisata,” ujar Narayana.

Narayana berharap, pariwisata tidak jadi frame utama. Sehingga pemimpin Bali kedepan punya visi pengembangan industri lain yang sesuai adat, seni dan budaya Bali.

“Ini pertemuan tertutup, internal,” kata Narayana.

Ketua Ikatan Alumni ITB Provinsi Bali, I Gusti Putu Kompyang menambahkan, dirinya berharap sejak lama ada sosok calon pemimpin Bali dari alumni ITB.

“Ini hal yang dari dulu kita idamkan dan akhirnya terwujud. Semoga perjalanannya rekan kita, Pak Wayan Koster lancar dan bermanfaat untuk masyarakat luas,” harapnya.

Kepada pasangan Koster-Ace, Putu Kompyang juga berharap agar memimpin Bali dengan konsep metaksu. Artinya, kata dia, satunya antaranya pikiran, ucapan dan apa yang dilakukan.

“Jadi apa yang dipikirkan, diucapkan, itu yang dilaksanakan. Pada saat banyak pikir, liar, tapi yang dilakukan sedikit, taksu tidak akan ke luar,” jelas Putu Kompyang.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni ITB Pusat, Gembong Primajaya menyatakan dukungannya kepada Wayan Koster.

“Kami serius mendukung Bli Wayan Koster. Ini sesuatu yang membanggakan menjelang seratus tahun berdirinya ITB pada tahun 2020 nanti,” tutur dia.

Ia berharap para alumni ITB dapat memberi sumbangsih besar bagi bangsa ke depan.

“Kita ingin membuktikan peran kita, alumni ITB, untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa ini. Kami berharap ketika memimpin nanti Bli Wayan Koster membawa Bali lebih baik lagi, karena kami yakin alumni ITB akan membawa ide lebih segar dan progresif bagi Bali,” papar dia .

Cagub Bali Wayan Koster merupakan alumni ITB lulusan tahun 1987 jurusan Pendidikan Matematika. (*)