Alasan Kades Sumberejo Maju Jadi Balon Wabup Purworejo

    


Gunawan, Kepala Desa Sumberejo, Purwodadi, bakal calon Wabup Purworejo dari PDIP - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Salah satu balon Wabup Purworejo yang mendaftar lewat DPC PDIP Purworejo, adalah Gunawan (55), yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Desa Sumberejo, Purwodadi.

Ada alasan, kenapa Gunawan memberanikan diri untuk maju dalam ajang Pilkada Purworejo 2020, dan mendaftar lewat PDIP.

“Kepala Desa itu ujung tombak pemerintahan, yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Seorang kepala desa, pasti tahu dan paham permasalahan yang terjadi di masyarakat dan desa,” ujar Gunawan, Selasa (5/11).

Salah satu alasan itulah, yang membuat Gunawan diminta oleh komunitas Paguyuban Peduli Purworejo dan Papdesi (Paguyuban Aparat Pemerintah Desa) untuk ikut maju dalam pilkada.

Diharapkan, jika nanti bisa duduk di kursi kepemimpinan, maka bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik, karena tahu apa yang diinginkan masyarakat. Jikapun terjadi permasalahan, maka bisa menyelesaikan, karena paham betul dengan permasalahan yang sering terjadi di pedesaan (masyarakat), berbekal pengalamannya sebagai kepala desa.

“Kenapa lewat PDIP? Karena saya sendiri juga orang partai. Tahun 2005-2010, saya pernah jadi Ketua PAC Kluwang, Musi Banyuasin, Sumsel,” ungkap Gunawan, ayah dua anak ini.

Dan sesuai mekanisme, kata Gunawan, siapa yang akan dicalonkan PDIP nantinya, akan mendapatkan rekomendasi dari DPP. Dan untuk itu, dirinya juga sudah siap, jika seandainya rekomendasi turun untuk dirinya, baik menjadi cabup maupun cawabupnya.

“Purworejo butuh revolusioner untuk bisa maju dan berkembang. Untuk ke arah itu, mindsetnya perlu dirubah,” pungkas Gunawan. (Jon)