Aktifitas Bulan Puasa Jadi Momentum Pendidikan Karakter di SMK Kesehatan Purworejo

    


Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa SMK Kesehatan Purworejo, Sabtu (2/6) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kegiatan keagamaan di SMK Kesehatan Purworejo, diawali dengan bagi-bagi takjil pada Jum’at (1/6), dengan mengambil tempat di alun-alun Purworejo.

Sekitar 300 menu takjil, dibagikan secara gratis kepada para pengguna jalan, yang kebetulan melintas di alun-alun Purworejo. Kegiatan ini, melibatkan beberapa organisasi di SMK Kesehatan Purworejo.

“Tujuan dari kegiatan ini, melatih siswa untuk saling berbagi,” ujar Ardiyanto, Humas SMK Kesehatan Purworejo, Selasa (12/6).

Kegiatan dilanjutkan dengan acara buka bersama dan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa), pada Sabtu (2/6) dan Minggu (3/6), yang diikuti oleh keluarga besar SMK Kesehatan Purworejo. Para guru, karyawan, siswa dari beberapa organisasi yang ada di sekolah.

Jelas Ardiyanto, dalam kegiatan ini, diisi dengan sholat tarawih dan kajian serta motivasi dari ustadzah Siti Khuzaemah asal Purworejo.

Bagi-bagi takjil oleh siswa-siswi SMK Kesehatan Purworejo, Jum'at (1/6), di alun-alun Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

Bagi-bagi takjil oleh siswa-siswi SMK Kesehatan Purworejo, Jum’at (1/6), di alun-alun Purworejo – foto: Sujono/Koranjuri.com

“Minggu (3/6) paginya, diisi dengan sholat subuh, serta kajian dari Kepala SMK Kesehatan Purworejo, bapak Nuryadin,” terang Ardiyanto.

Tujuan dari kegiatan tersebut, ungkap Ardiyanto, untuk menjalin silaturahmi antar semua elemen di sekolah, juga, merupakan bagian dari program sekolah untuk membina karakter anak.

Dan pada Rabu (6/6), ada kegiatan class meeting, yang rutin dilaksanakan usai ulangan tengah semester. Karena bersamaan dengan bulan Ramadhan, kegiatan class meeting ini diisi dengan berbagai lomba keagamaan, seperti lomba dakwah, lomba kaligrafi, lomba cerdas cermat, serta lomba baca Al Qur’an.

“Class meeting diikuti siswa kelas X dan XI. Tujuannya, untuk mengembangkan potensi anak di bidang yang dilombakan,” jelas Ardiyanto.

Mengakhiri kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan, kata Ardiyanto, diisi dengan pengumpulan zakat pada Kamis (9/6), yang dilanjutkan dengan pembagian zakat pada Jum’at (15/6).

Sasaran penerima zakat ini, siswa yang membutuhkan, lingkungan sekitar, keluarga dari warga SMK Kesehatan Purworejo, dan masyarakat luar.

Manfaat dari kegiatan pengumpulan zakat ini, ujar Ardiyanto, untuk melatih siswa dalam memanajemen zakat, serta melatih siswa untuk saling berbagi.

“Kegiatan-kegiatan keagamaan tadi, merupakan bagian dari program sekolah dalam pendidikan karakter anak,” pungkas Ardiyanto. (Jon)