Aksi Wabup Yuli Hastuti Jalan Kaki Pindah Rumah

    


Wabup Yuli Hastuti disambut para pendukungnya di pendopo Kutoarjo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Meski sudah resmi menjabat sebagai Wakil Bupati Purworejo sejak Rabu (17/2) lalu, Yuli Hastuti tidak langsung menempati rumah dinas wabup di Kutoarjo. Yuli Hastuti baru menempati rumah dinas pada Sabtu (27/2).

Prosesi pindahan rumah wakil bupati ini, diawali dengan ritual jalan kaki, dari rumah di Desa Grabag, menuju rumah dinas di Kutoarjo, yang berjarak sekitar 9 km, tepat jam 7 pagi.

Dengan diiringi ratusan pendukungnya, Yuli Hastuti yang tidak didampingi suaminya, Kelik Sumrohadi, karena sedang sakit, tampak naik delman. Sepanjang perjalanan, ribuan masyarakat menyambut Yuli Hastuti. Sesekali, wakil bupati ini turun dari delman, menemui para pendukungnya.

Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam, ritual jalan kaki berakhir di pendopo Kutoarjo. Yuli Hastuti melalui pintu gerbang timur saat memasuki rumah dinas. Di pendopo, Yuli Hastuti disambut sang suami, Kelik Sumrohadi, yang juga mantan Bupati Purworejo, Bupati Agus Bastian beserta istri, Sekda Tri Handoyo, serta para pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Agus Bastian mengatakan, bahwa ritual jalan kaki bukanlah untuk mencari sensasi, tapi juga merupakan sebuah tradisi. Selain itu, sebagai bentuk rasa syukur pada Tuham Yang Maha Esa.

Terpisah, Ki Samar, salah satu penasehat spiritual Yuli Hastuti mengatakan, bahwa dalam budaya dan tradisi Jawa, untuk menempati atau memasuki tempat tinggal baru, tidaklah sembarangan. Tapi harus pakai hitung-hitungan tertentu, kapan dan jam berapa bisa mulai ditempati.

Seperti halnya dalam prosesi pindahan rumah wakil bupati Yuli Hastuti saat ini. Saat keluar dari rumah pokok di Grabag, Yuli Hastuti keluar dengan mengambil arah ke kanan. Setibanya di rumah dinas, melalui gerbang timur.

“Semua ada tata cara dan hitung-hitungannya. Dan waktu yang pas untuk pindahan ya di Sabtu Pahing ini, 27 Februari. Tujuannya agar lancar dan tanpa hambatan selama beliau menjabat sebagai wakil bupati,” jelas Ki Samar, yang telah sukses mengantarkan pasangan Agus Bastian-Yuli Hastuti sebagai Bupati dan Wakil Bupati Purworejo yang baru.
 
 
Jon