Aksi Sosial SMSI, Risma: Baru Kali Ini Saya Tau Wartawan Sumbang Jalan

    


Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sendiri yang meresmikan jalan dan sarana sanitasi yang dibangun serangkaian aksi sosial SMSI di Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, Minggu 7 Februari 2021 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memuji program Bhakti Sosial Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) karena organisasi pers ini membangun peradaban secara nyata yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

Dalam peringatan HPN 2021, SMSI membangun jalan dan sarana sanitasi di sejumlah provinsi.

Risma sendiri yang meresmikan jalan dan sarana sanitasi yang dibangun serangkaian aksi sosial SMSI di Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, Minggu 7 Februari 2021.

Mantan Wali Kota Surabaya dua periode itu mengaku, program SMSI membuat warga dapat merasakan akses untuk aktifitas sehari-hari. Diakui Risma, hal itu menjadi menarik karena jarang sekali ada inisiatif dari luar, selain pemerintah untuk membangun jalan.

“Saya baru tahu setelah 20 tahun jadi PNS dan 10 tahun jadi wali kota, itu ada pihak lain di luar pemerintah bangun jalan lalu diserahkan kepada pemerintah,” kata Risma.

“Saya jadi Wali Kota Surabaya 10 tahun itu bangun jalan sepanjang 350 km. SMSI sekali tepuk bangun jalan 750 meter. Saya tertarik dengan konsep SMSI dalam memberikan sumbangan yang berbeda. Bangun jalan itu sama dengan kita membangun peradaban, jika jalan dibangun maka peradaban berubah,” tambahnya.

Ia pun berterima kasih keada SMSI yang telah membantu warga.

“Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya untuk SMSI yang telah membantu masyarakat. Dulu sewaktu saya jadi wali kota itu saya dahulukan bangun infrastruktur di kampung-kampung,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Dr Al Muktabar memberikan apresiasi kepada SMSI atas program bakti sosial yang telah dilakukan.

“Terima kasih kepada SMSI atas program bakti sosial yang telah dilakukan dan langsung dirasakan oleh warga Provinsi Banten,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun mengaku Dewan Pers berharap apa yang dilakukan SMSI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ini juga menunjukkan pers tidak dilihat sebagai pihak yang melihat dari jauh tetapi melakukan kegiatan yang dirasakan langsung masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus menambahkan, SMSI beranggotakan 1.224 perusahaan media siber. Dalam memperingati HPN 2021, SMSI fokus pada kegiatan bakti sosial meliputi, pembangunan jalan dan sarana sanitasi Mandi Cuci Kakus (MCK).

“Sebagai organisasi konstituen Dewan Pers, SMSI ingin membawa angin baru dalam HPN 2021 sehingga tak lagi terfokus pada acara serimonial namun bersama-sama melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana HPN 2021 SMSI, M Nasir menjelaskan pembangunan jalan tersebut sudah dimulai beberapa pekan lalu. Diawali dengan pembebasan lahan, perataan tanah dan penebangan pohon.

“Pelaksanaan pembangunan proyek sosial itu ditangani SMSI Pusat dan juga SMSI Provinsi Banten yang paling dekat dengan lokasi proyek tersebut, serta didukung sepenuhnya oleh PT Dwi Ratna Putra,” katanya.

Selain pembangunan jalan sepanjang 750 meter dan lebar 2,5 meter, SMSI di lokasi yang sama juga sementara membangun 16 unit MCK.

Perhelatan HPN tahun 2021 punya nuansa tersendiri dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi berlangsung ditengah pandemi covid-19. Bagi SMSI, tahun ini merupakan perhelatan HPN pertama bagi organisasi perusahaan media siber setelah resmi menjadi konstituen Dewan Pers. (*)