Aksi Simpatik Polisi Bersih-bersih Gereja

    


Polisi dari Polres Grabag, Purworejo melakukan kerja bakti bersih-bersih Gereja Kristen Jawa (GKJ) Tlepok menjelang ibadah perayaan Natal, 25 Desember 2015 - foto: Sujono

KORANJURI.COM – Aksi simpatik dilakukan oleh anggota polisi dari Polsek Grabak Purworejo. Menjelang pelaksanaan perayaan ibadah Natal pada 25 Desember 2015, mereka mengadakan kerja bakti bersama membersihkan gereja.

Sebanyak 20 personil anggota Polsek Grabag, bahu membahu dengan jemaat GKJ Tlepok, yang berlokasi di desa Tlepok Wetan, Kecamatan Grabag. Mereka membersihkan lingkungan gereja dan sekitarnya.

Kerja bakti dipimpin oleh Kapolsek Grabag, AKP Suwito. Menurut AKP Suwito, salah satu dari tujuan kerja bakti tersebut, untuk menciptakan rasa aman dan suasana kondusif, dalam rangka Operasi Lilin Candi 2015.

“Gereja-gereja merupakan prioritas pengamanan dalam Operasi Lilin Candi 2015. Dan GKJ Tlepok ini salah satunya,” ujar AKP Suwito, 23 Desember 2015.

Khusus GKJ Tlepok ini, kata AKP Suwito, memang mendapat pengamanan khusus, pasca kejadian pembakaran gereja oleh orang tak dikenal pada Juli lalu.

Terpisah, pimpinan GKJ Tlepok, Pendeta Ibnu Prabowo mengaku senang dengan adanya kerja bakti bersama yang dilakukan polisi dengan jemaatnya.

Apa yang dilakukan polisi, menurut Ibnu Prabowo, bisa memberikan rasa aman dan nyaman jemaat GKJ Tlepok yang dipimpinnya.

GKJ Tlepok sendiri merupakan gereja satu-satunya yang ada di wilayah Kecamatan Grabag. Gereja yang dibangun tahun 1909 itu, mampu menampung 150 jemaat, dan beberapa kali mengalami renovasi.

“Semoga kerjasama ini terus terjalin, juga dengan masyarakat sekitar,” pungkas Ibnu Prabowo.
 
 
Jon