Aksi Heroik 2 Babinsa Ini Diganjar Penghargaan

    


2 Babinsa mendapatkan penghargaan setelah melakukan aksi heroik pada tragedi karamnya kapal di Kepulauan Selayar dan membantu persalinan ibu hamil di Bengkayang, Kalimantan Barat - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, memberikan penghargaan kepada dua orang Babinsa berprestasi. Tugas yang diemban Babinsa itu dinilai melebihi panggilan tugas.

Prajurit TNI AD berprestasi itu masing-masing Kopda Jaenuri Hidayat yang bertugas sebagai Babinsa Koramil Selayar Kodim 1415/Kepulauan Selayar dan Kopda Syamsul Hadi Irawan  yang bertugas di Koramil, Bengkayang, Kodim 1202/Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kopda Jaenuri Hidayat memperoleh penghargaan dari Kasad atas aksi heroiknya dalam menyelamatkan seorang bayi korban tenggelamnya Kapal di Kepulauan Selayar beberapa waktu lalu. Sedangkan Kopda Syamsul Hadi Irawan diberikan penghargaan atas kesigapannya dalam memberikan pertolongan kepada seorang Ibu yang melahirkan diatas mobil dinas Koramil Bengkayang.

“Atas dedikasi dan pengabdian tugas tanpa batas, maka atas nama pimpinan TNI, maka penghargaan yang diberikan berupa satu unit sepeda motor kepada kedua anggota tersebut,” jelas Mulyono.

Pada 3 Juli 2018, Kapal Motor yang melintasi perairan Selayar, terkena musibah yang akhirnya tenggelam di perairan Selayar. Ratusan penumpang terombang-ambing di tengah laut.

Disitulah, peran Kopda Jaenuri Hidayat berjibaku menantang maut untuk menyalamatkan para penumpang kapal yang karam. Terutama dalam perjuangan melawan ombak untuk menyelamatkan seorang bayi.

Sedangkan Kopda Syamsul Hadi Irawan menolong seorang Ibu yang akan melahirkan. Kopda Syamsul Hadi Irawan segera bergegas menjemput perempuan yang akan melakukan persalinan.

Karena sudah pecah ketuban, sebelum tiba di RS,  Ibu tersebut terpaksa melahirkan diatas mobil dinas Koramil yang dikemudikannya sebelum dirujuk ke Rumah Sakit. (*)