Aksi Donor Darah Rutan Purworejo Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55

    


Kegiatan aksi donor darah Rutan Purworejo, dalam memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55, Jum'at (15/3/2019) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Aksi donor darah, menjadi salah satu bagian, dari serangkaian kegiatan Rutan Purworejo, dalam memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke 55.

Kegiatan sosial bertemakan ‘Mari Selamatkan Sejuta Jiwa’ ini, berlangsung Jum’at (15/3),
di Aula Baharuddin Loppa, Rutan Purworejo.

Dijelaskan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Purworejo, Lukman Agung Widodo, selain diikuti oleh semua pegawai Rutan Purworejo, pihaknya bekerja sama dengan PMI, dan menggandeng berbagai instansi, dengan perwakilan masing-masing 5 orang.

Instansi yang turut ambil bagian dalam aksi donor darah ini, Dinas Kesehatan, Polres Purworejo, Bank BRI, Bank BNI, STAINU, LPKA Kutoarjo, Pengadilan Negeri Purworejo, Kementerian Agama Purworejo, Pondok Pesantren Annawawi, Kejaksaan Negeri Purworejo, BLK Purworejo, Kodim 0708 Purworejo, serta Sekda Purworejo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu bagi mereka yang membutuhkan ataupun sedang sakit serta membutuhkan transfusi darah. Di PMI juga stok darah masih kurang,” jelas Lukman.

Lukman menargetkan 50 kantong darah. Dari 71 peserta yang terdaftar, 59 orang dinyatakan memenuhi syarat untuk donor. Sisanya, tidak memenuhi syarat, baik dari tekanan darah maupun HB nya.

Lukman berharap, kegiatan donor darah ini bisa dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, dan tidak hanya pada momen-momen tertentu saja.

Apa yang dilakukan Rutan Purworejo, mendapat apresiasi dari PMI. Riady, petugas pelayanan donor danar dari PMI Purworejo menyampaikan rasa terimakasih kepada Rutan Purworejo, yang telah mengadakan kegiatan sosial donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan setetes darah, untuk kehidupanya. (Jon)