Akhiri Operasi Simpatik, Polisi Bagikan Helem kepada Anak-anak

    


Polisi Kebumen bagi-bagi helm saat hari terakhir Operasi Simpatik Candi 2016, Senin (21/3) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Mengakhiri kegiatan Operasi Simpatik Candi 2016, jajaran Satlantas Polres Kebumen menggelar operasi di jalan Pahlawan, atau tepatnya di depan pasar Katumenggungan, Kebumen, Senin, 21 Maret 2016. Operasi dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Aditia Mulya Ramdhani, SIK.

Dalam operasi tersebut, polisi membagikan helm kepada anak-anak yang tidak memakai helm saat berkendara. Kata Aditia, umumnya, keselamatan anak-anak saat berkendara bersama orangtua selalu luput dari perhatian. Dalam hal ini, polisi memberikan teguran dan penjelasan, akan pentingnya keselamatan lalulintas, terutama pada anak-anak.

Yang terjadi di masyarakat, ujar Aditia, keselamatan anak-anak saat berkendara bersama orangtua sering terabaikan, dengan tidak memakaikan helm pada mereka. Rutinitas seperti itu kerap terjadi. Padahal, lanjut Aditia, meski anak-anak, mereka juga memiliki hak keselamatan di jalan raya.

“Kita optimalkan jalan Pahlawan, sebagai Kawasan Tertib Lalulintas, sekaligus memberikan pembelajaran pada masyarakat, bahwa anak kecil juga perlu memakai helm untuk keselamatan mereka,” jelas Aditia.

Dalam operasi yang dimulai tepat jam 9 pagi itu, berlangsung selama satu jam. Sebanyak 33 helm hasil sumbangan para dealer dan showroom sepeda motor yang ada di Kebumen, langsung ‘ludes’. Sebanyak 40 personil diterjunkan, terdiri dari polisi, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan, sebagai Tim Tekhnis Forum Lalulintas Keselamatan Jalan.

Jelas Aditia, selama 21 hari berlangsungnya operasi simpatik, dengan mengoptimalisasi KTL (kawasan tertib lalulintas), pihaknya lebih mengedepankan tindakan persuasif. Selain bagi-bagi helm, polisi juga membagi pin dan stiker yang berisikan ajakan untuk bertertib lalulintas.
 
 
Jon