Akademi Komunitas akan Berdiri di Klungkung, Koster Siapkan itu

    


Calon Gubernur (Cagub) Bali nomor urut 1, I Wayan Koster menegaskan siap membangun kampus akademi komunitas atau sistem pendidikan setingkat diploma satu (D1) dan diploma dua (D2) di Kabupaten Klungkung - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Calon Gubernur (Cagub) Bali nomor urut 1, I Wayan Koster menegaskan siap membangun kampus akademi komunitas atau sistem pendidikan setingkat diploma satu (D1) dan diploma dua (D2) di Kabupaten Klungkung.

Hal itu terungkap saat mesimakrama Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) serta Paslon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka-I Ketut Mandia (BAGIA) dengan masyarakat Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, yang dihadiri ratusan warga setempat, Sabtu, 10 Maret 2018.

Menurut Cagub yang diusung PDIP, Hanura, PAN, PPP, PKB dan PKPI ini mengungkapkan bahwa pihaknya tidak saja melaksanakan program pendidikan 12 tahun secara gratis.

Namun pula akan membangun akademi komunitas, program pendidikan setara D1 dan D2 di Gumi Serombotan.

“Nanti kampusnya akan dibangun di atas lahan aset milik Pemprov Bali. Kemudian pembangunan gedungnya berasal dari APBN, dan operasional diambil dari APBD,” jelasnya.

Kampus sejenis menurutnya telah dibangun di sejumlah kabupaten di Bali. Misalnya di Kabupaten Jembrana telah dibangun akademi komunitas untuk program pendidikan bidang kelautan dan perikanan. Pun demikian, di Kabupaten Gianyar telah dibangun untuk program bidang pariwisata dan perhotelan serta keperawatan.

“Jadi setelah lulus SMA dan SMK, mereka nanti tidak perlu lagi harus kuliah jauh-jauh ke Denpasar. Cukup di sini saja (Klungkung). Kasihan, apalagi mereka dari keluarga tidak mampu. Itu tujuannya,” terangnya.

Hanya saja untuk jenis program pendidikannya lanjut dia, akan disesuaikan dengan potensi masing-masing kabupaten.

“Nanti kita pelajari apa yang cocok. Dan kalau satu jalur, akan lebih mudah direalisasikan,” demikian Koster. (*)