AK 2000 dan Revolver Jadi Andalan di Latihan Menembak, Personil Polres Kebumen

    


Para personel Polres Kebumen, tengah melakukan latihan - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres Kebumen melaksanakan latihan menembak sasaran.

Latihan merupakan agenda yang dijadwalkan secara berkala, yang dilaksanakan selama dua hari di lapangan tembak Secata Gombong, Kebumen (22-23/05).

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, S.Sos mengatakan, latihan menembak ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwal oleh Polres Kebumen.

“Tujuan dari latihan ini, untuk meningkatkan kemampuan anggota, khususnya dalam menggunakan senpi, baik laras panjang maupun laras pendek,” ujar Titi.

Latihan ini, kata Titi, juga dimaksudkan untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas, sehingga dalam menggunakan senpi ini tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, yang dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota dalam menggunakan senpi.

Kapolres juga mengungkapkan, latihan ini melibatkan seluruh anggota Polres Kebumen, lebih khusus anggota yang menggunakan senpi, selain itu Polwan Polres Kebumen ikut andil mengikuti latihan menembak. Setidaknya latihan ini dilaksanakan setahun sekali untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senpi dilaksanakan.

Untuk latihan kali ini, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata laras panjang jenis AK 2000 – V2 Sabhara, dan laras pendek, menggunakan senpi jenis Revolver dan Taurus.

“Untuk anggota yang tidak memegang senpi disediakan senjata oleh panitia menembak. Anggota yang memegang senjata dalam bertugas diharuskan menggunakan senpi masing- masing,” ujar Titi.

Sementara itu, untuk latihan menembak senpi laras panjang, anggota diharuskan menembak sasaran sejauh 70 meter. Untuk senpi laras pendek anggota melaksanakan latihan menembak sasaran sejauh 15 meter dan 25 meter.
 
 
Jon