Ada Kampung KB di Desa ini…

    


Papan nama Desa Nambangan sebagai Kampung KB tingkat Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Desa Nambangan, Kecamatan Grabag, akhirnya diresmikan sebagai Kampung KB tingkat Kabupaten Purworejo. Peresmian dilakukan oleh Pj Bupati Purworejo, Agus Utomo, diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs Murwanto, pada hari Kamis 28 Januari 2016.

Pemukulan gong oleh Drs Murwanto, menandai diresmikannya Desa Nambangan sebagai Kampung KB. Dilanjutkan dengan pembukaan tirai papan nama Kampung KB, pemasangan stiker KB di rumah penduduk, dan peninjauan Pos Daya.

Menurut Murwanto, program Kampung KB merupakan program nasional. Untuk tingkat nasional, Kampung KB nya Cirebon. Sementara untuk tingkat Propinsi Jawa Tengah, Kampung KB nya Cilacap.

“Ada beberapa kriteria untuk bisa dijadikan Kampung KB. Daerahnya miskin, berada di pesisir, daerah perbatasan, dan daerah tertinggal,” jelas Murwanto.

Tujuan diadakannya Kampung KB, untuk meningkatkan kwalitas hidup masyarakat di tingkat kampung, melalui program KB dan pembangunan keluarga, untuk mewujudkan keluarga yang berkwalitas dan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Terutama masyarakat miskin, padat penduduk, dan tertinggal.

Nantinya, diharapkan masyarakat yang terpencil dan berada di daerah pesisir tidak miskin lagi. Caranya, dengan peningkatan pendapatan ekonomi keluarga melalui UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahterah) dan Pos Daya (Pos Pemberdayaan Keluarga).

“Nantinya progam KB juga akan digalakkan lagi,” terang Murwanto.
 
 

Hits: 5