90 Mahasiswa D3 Akper Pemkab Purworejo Angkatan ke XVII Diwisuda

    


Direktur Akper Pemkab Purworejo, Wahidin, S.Kep, Ns, M.Kes, saat melakukan wisuda, Kamis (27/01/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 90 mahasiswa D3 Akper Pemkab Purworejo angkatan ke XVII, menjalani wisuda, Kamis (27/01/2022). Mereka ini, merupakan mahasiswa lulusan tahun akademik 2020/2021, dengan perincian 17 wisudawan laki-laki, dan 73 wisudawan perempuan.

Dalam wisuda yang berlangsung di ruang auditorium Akper Pemkab Purworejo tersebut, dilaksanakan secara luring (offline) dan daring (online) melalui aplikasi Youtube.

Diawali dengan sidang senat terbuka, wisuda dilakukan oleh Direktur Akper Pemkab Purworejo, Wahidin, S.Kep, Ns, M.Kes yang ditandai dengan pemindahan tali toga. Usai wisuda, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah profesi untuk para wisudawan, yang dilakukan oleh Ketua DPW PPNI Jateng, Dr Arwani, SKM,BN Honda, MN.

Dalam wisuda yang berlangsung khidmat tersebut, juga dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo secara virtual, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng, Pengurus Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wahidin selalu Direktur Akper Pemkab Purworejo menyampaikan, Akper Pemkab Purworejo pada wisuda kali ini telah mencapai prestasi yang luar biasa dimana meraih predikat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) “Baik Sekali” berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bernomor: 1193/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020, tanggal 22 Desember 2020.

Selain itu, ungkap Wahidin, Akper Pemkab Purworejo telah meraih predikat baik sekali untuk akreditasi program studi dari Lembaga Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia dengan SK bernomor : 0474/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2021 tanggal 12 November 2021.

“Para wisudawan telah menyelesaikan semua proses pendidikan Diploma III Akademi Keperawatan Pemkab Purworejo, dengan SK Direktur Akper Pemkab Purworejo No. 278/Pd.I/DIII-KEP/XII/2021,” jelas Wahidin.

Disampaikan pula, pencapaian yang diraih Akper Pemkab Purworejo dalam bidang kerjasama, Mou penempatan lulusan di RS Sari Asih Group dengan keterserapan lulusan sebanyak 27 orang (30 %) dari jumlah total wisudawan.

Akper Pemkab Purworejo juga menjalin kerja sama dengan beberapa Rumah Sakit dalam melaksanakan praktek, antara lain dengan RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, RS Amanah Umat Purworejo, RS Wates, RST Magelang, RSJ Dr Soerojo Magelang, RSUD Majenang, RSU Siaga Medika Banyumas, RSUD Kebumen, RSUD Prembun, serta RSUD Cilacap.

Menurut Wahidin, tidak hanya dalam negeri, tetapi Akper Pemkab Purworejo telah menunjukkan eksistensinya di luar negeri dengan mengirimkan alumninya ke Jepang dengan bekerja sama dengan lembaga Mau Yakin Bisa Yogyakarta.

“Sebanyak 7 alumni siap untuk berangkat ke Jepang tahun ini,” ujar Wahidin.

Untuk wisuda kali ini, lanjut Wahidin, wisudawan terbaik pertama diraih Guniarti Suryoningrum, putri dari Untung Gunawan dengan IPK 3,93, terbaik kedua Sarifatun Naila, putri dari Misran dengan IPK 3,87, dan terbaik ketiga Bagas Priyagung, putra dari Sumarno dengan IPK 3,85 , terbaik keempat Febriana Puspita Ningrum, putri dari Pariyanto dengan IPK 3,85.

“Untuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi Tahun Akademik 2020/2021, untuk tingkat I, II dan III, masing-masing 6 mahasiswa,” pungkas Wahidin. (Jon)