9.000 Personel Gabungan Dikerahkan Antisipasi Unjuk Rasa Omnibus Law

    


Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Mengantisipasi kemacetan karena adanya aksi demonstrasi mahasiswa
di depan Istana, Polda Metro Jaya mengerahkan 9.000 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan aksi unjuk rasa ini.

Terkait hal tersebut Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Rekayasa lalu lintas sekitar Istana Negara ini sifatnya situasional, manakala terjadi kepadatan akan kita terapkan pengalihan arus lalu lintas,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan,Kamis (08/10/2020).

Menurut Sambodo, pihaknya telah menyiapkan personel untuk mengatur lalu lintas. Personel akan berjaga di titik-titik rawan kemacetan hingga di lokasi aksi.

Personil TNI-Polri tidak hanya berjaga di depan Istana Negara tapi juga disiagakan di depan DPR dan juga kawasan industri yang pekerjanya melakukan mogok kerja.

Berikut rekayasa pengalihan arus sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu litas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada. (Bob)