8 Jabatan Kapolda Dirotasi

    


Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri dan 8 Kapolda di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa pagi, 11 Februari 2020 - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri dan 8 Kapolda di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa pagi, 11 Februari 2020. Mutasi tersebut sesuai surat telegram bernomor ST/385/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020.

Pengucapan sumpah dibacakan Kapolri yang diikuti para perwira tinggi yang mengikuti sertijab.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila, dan UUD RI tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Idham.

Dalam sertijab kali ini, Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Saiful Maltha akan menduduki posisi baru sebagai analis kebijakan utama Baharkam Polri. Pengganti Maltha sebagai Kadiv Hubinter Polri adalah Sekretaris National Central Bureau (NCB)-Interpol Indonesia Brigjen Pol Napoleon Bonaparte.

Kemudian, Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Ia akan digantikan oleh Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto. Posisi yang ditinggalkan Remigius sebagai Kapolda Sulut akan diisi oleh Irjen Royke Lumowa. Sebelumnya, Royke menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Lalu, Kapolda Sulbar Brigjen (Pol) Baharudin Djafar akan menjabat sebagai Kapolda Maluku. Karojakstra Srena Polri Brigjen (Pol) Eko Budi Sampurno dirotasi menjadi Kapolda Sulbar.

Idham juga merotasi posisi Kapolda Jambi. Irjen Muchlis akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisi Kapolda Jambi akan diisi oleh pati SSDM Polri dengan penugasan pada PPATK Irjen Firman Shantyabudi.

Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak dimutasi menjadi Kasespim Lemdiklat Polri. Ia akan digantikan oleh Kapolda Gorontalo Brigjen (Pol) Wahyu Widada.

Wakapolda Sulsel Brigjen (Pol) Adnas ditempatkan sebagai Kapolda Gorontalo mengisi jabatan yang ditinggalkan Wahyu. Selanjutnya Wakapolda Kalteng Brigjen (Pol) Rikwanto dimutasi sebagai Kapolda Malut.

“Mutasi untuk penyegaran organisasi dan meningkatkan kinerja kepolisian,” ucap Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono. (Bob)