8 Anak Indonesia Lolos Sayembara Enikki Jepang, Bali Diwakili Gianyar

    


Enikki adalah buku harian bergambar (BHB) yang mengisahkan peristiwa atau kejadian sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk lukisan disertai penjelasan singkat - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki, memunculkan pemenang baru yang tahun sebelumnya tidak lolos. Enikki adalah buku harian bergambar (BHB) yang mengisahkan peristiwa atau kejadian sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk lukisan disertai penjelasan singkat.

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Arief Rahman mengatakan, melalui seni lukis-tulis, anak-anak usia 6-12 tahun diajak untuk menunjukkan kepada teman-temannya di Asia tentang kehidupannya sehari-hari melalui Buku Harian Bergambar (BHB).

“Enikki akan menanamkan bibit-bibit pada anak-anak untuk mempunyai kekuatan-kekuatan itu,” jelas Arief Rachman di Jakarta.

BHB terdiri dari lima halaman karya lukis-tulis berisikan tentang kehidupan keseharian yang menyenangkan dan dapat dimengerti oleh anak-anak di negeri Asia lainnya.

Mengenalkan budaya sejak dini sangat penting dilakukan. Arief Rachman meyakini, kebudayaan dapat mengasah sensitivitas anak sejak dini.

Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki dari Indonesia mendapatkan 8 pemenang terbaik yaitu,

1) Fatih Qatrunnada, School of Life Lebah Putih, Salatiga, Jawa Tengah

2) Michelle Fiona, SDK 10 Penabur, Jakarta Utara, DKI Jakarta

3) Christabella Winna Gozali, SD Kalam Kudus, Padang, Sumatera Barat;

4) Putu Lingga Adi Wahyu, SDN 2 Batuan, Gianyar, Bali;

5) Syaza Ghaisani Allegra, SD 2 Yayasan Pupuk Kaltim, Bontang, Kalimantan Timur;

6) Azlia Chalula Rheisa Cahyani, SDN 03 Klegen, Madiun, Jawa Timur;

7) Seilla Kalyana Aziz, Al-Fikri, Bekasi, Jawa Barat;

8) Kenzie Lorenzo, Sanggar Ananda, Bandung, Jawa Barat.

Dari 8 finalis di setiap negara peserta, satu orang akan mendapatkan hadiah Grand Prix. Pemenang Grand Prix akan diundang ke Jepang untuk menerima hadiah yang dibiayai oleh penyelenggara dari Jepang. (*/Way)