78 Tahun SMPN 1 Purworejo, ‘Bangkit Menjadi Cemerlang’

    


Pemotongan tumpeng oleh Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, dan diberikan kepada Kepala SMP N 1 Purworejo, Sutarto, menandai puncak peringatan HUT sekolah ini yang ke 78, Selasa (20/10/2020) pagi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pemotongan tumpeng, yang dilakukan oleh Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, dan diberikan kepada Kepala SMP N 1 Purworejo, Sutarto, menandai puncak peringatan HUT sekolah ini yang ke 78, Selasa (20/10/2020) pagi.

Acara yang berlangsung di aula itu, diperingati secara sederhana, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Komite, Agus Budi Supriyanto, para alumni, serta segenap tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Sukmo Widi Harwanto menyampaikan, sesuai tema pada peringatan HUT nya yang ke 78, ‘Bangkit Menjadi Cemerlang’, dia berharap, hal itu bisa menjadi titik tolak kebangkitan SMPN 1 Purworejo menuju ke arah yang lebih baik.

“Kita berharap, SMPN 1 Purworejo bisa lebih bersaing secara positif dengan SMP N lain, dan nantinya bisa berprestasi di tingkat provinsi, nasional, dan internasional,” ujar Sukmo.

Sutarto, selaku Kepala Sekolah juga menyampaikan rasa bersyukurnya, karena di usianya yang ke 78, SMPN 2 Purworejo masih dipercaya pemerintah dan masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan, bagi anak-anak untuk mengantarkan ke masa depan yang lebih baik.

“Hingga saat ini, kita sudah meluluskan 13.309 siswa, yang tersebar di seluruh penjuru dunia, dan mengabdi dengan berbagai profesi yang ada,” jelas Sutarto.

Ketua Penyelenggara, Sunardi, menjelaskan, bahwa SMPN 1 Purworejo berdiri sejak 20 Oktober 1942. Sekolah ini mengalami masa kejayaannya pada tahun 80 an.

“Ada ungkapan, untuk tidak melupakan sejarah. Kalau kita akan melompat ke arah yang lebih baik, jangan melupakan sejarah,” ujar Sunardi.

Berpijak pada itulah, kata Sunardi, tema peringatan HUT SMPN 1 Purworejo ke 78 ini, ‘Bangkit Menjadi Cemerlang’.

“Setelah tahu sejarah, kita akan bangkit bersama-sama, bapak ibu guru, siswa, alumni, komite, bersama-sama untuk saling bersinergi menuju masa kejayaan,” kata Sunardi penuh semangat.

Pada resepsi HUT tersebut, juga dilakukan penyerahan bansos, yang diberikan kepada warga sekitar dan wali siswa, yang diserahkan secara simbolis oleh Sukmo Widi Harwanto, serta penyerahan hadiah pada para pemenang lomba, yakni, lomba penataan dan kebersihan kelas, video pendek, poster digital, dan menghias tumpeng. (Jon)