653 Anak di Klungkung Alami Stunting

oleh
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Bali saat kunjungan ke Nusa Penida, Klungkung - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Angka kasus stunting di Kabupaten Klungkung butuh perhatian serius. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan, berdasarkan data Dinas Kesehatan tahun 2022, tercatat ada 5,83 persen balita di Klungkung yang masuk kategori stunting.

“Jumlahnya mencapai 653 orang dari total 11.207 balita. Angka ini tersebar di seluruh wilayah puskesmas yang ada di Kabupaten Klungkung dapat diturunkan lagi,” kata Suwirta di Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (17/12/2022).

“Yang terpenting adalah menjaga kesehatan dari stunting, yakni dengan memeriksa kesehatan secara dini, dan disarankan untuk memeriksakan kesehatan calon pengantinnya,” jelasnya.

Sementara, terkait bantuan dari Putri Koster, pihaknya menyampaikan terima kasih. Bantuan yang diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan jajarannya sangat membantu dan memberikan keringanan untuk warga Klungkung khususnya warga Nusa Penida.

“Sekecil apapun bantuan yang kita terima, tentu adalah anugerah dan perhatian nyata yang diberikan pemimpin kita terhadap masyarakat,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerja itu, Putri Koster menggerakkan warga dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK yang dirangkai dengan agenda ‘Menyapa dan Berbagi’, dilaksanakan di tiga tempat yakni Banjar Sebunibus, Desa Sakti; Banjar Gelagah, Desa Kutampi; dan Desa Pejukutan.

Putri Koster menyerahkan bantuan sosial berupa 20 Kg beras, 1 krat telur dan 2 kotak susu untuk ibu hamil KEK, lanjut usia, penyandang disabilitas, dan kader PKK. Penerima bantuan itu kurang lebih sebanyak 50 orang yang terdiri dari ibu hamil KEK, lanjut usia, balita gizi buruk atau gizi kurang, kader TP PKK dan anak penyandang disabilitas.

Sedangkan untuk balita gizi buruk dan gizi kurang, dia menyerahkan bantuan 20 Kg beras, 1 krat telur dan 8 kotak susu.

Tak hanya itu, dalam acara itu juga diserahkan bantuan 100 bibit pohon dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Sedangkan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali menyerahkan 1.000 bibit cabai, dan 50 kg bibit jagung yang diserahkan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung. Penyerahan bibit ini sebagai salah satu upaya mendukung program Halaman Tentram Indah Nyaman dan Bermanfaat (Hatinya PKK).

“Selain berbagi bahan pokok makanan, saya juga berbagi informasi bagaimana kita harus membangkitkan semangat dan upaya, sehingga memiliki ide-ide baru untuk menciptakan kreasi makanan bagi anak-anak,” kata Putri Koster. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS