64 Napi Rutan Purworejo dan 20 Anak LPKA Kutoarjo Terima Remisi

    


Sekda Kabupaten Purworejo Said Romadhon, saat menyerahkan remisi bagi 64 napi dari Rutan Purworejo dan 20 anak dari LPKA, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75, Senin (18/08/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 64 napi (warga binaan pemasyarakatan) dari Rutan Purworejo dan 20 anak dari LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Kutoarjo, terima remisi umum, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75.

Pemberian remisi, dilakukan secara simbolis oleh Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon, Senin (17/08/2020), di Rutan Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut, Said Romadhon berharap, dengan pemberian remisi tersebut, semakin memotivasi para napi maupun anak pidana, untuk menjadi insan yang lebih baik.

“Bukan hanya selama menjalani masa hukuman, namun juga setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat,” ujar Said Romadhon.

Pemberian remisi, menurut Said Romadhon, bukan hanya sebagai hak dari warga binaan, tapi lebih dari itu merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan, karena telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas, dan mengembangkan kompetensi diri.

“Pemberian remisi juga diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan dan ketaatan warga binaan dalam menjalankan masa-masa tahanannya,” kata Said Romadhon.

Karutan Purworejo Lukman Agung Widodo, juga menjelaskan, bahwa remisi adalah pengurangan masa menjalani pidana yang diberikan kepada Narapidana dan Anak yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

“Pemberian remisi umum ini sebagai wujud bentuk apresiasi negara kepada masyarakat yang melanggar hukum dan telah menjalani kegiatan pembinaan dengan baik di dalam lapas/rutan,” ungkap Lukman.

Saat ini, kata Lukman, jumlah tahanan dan narapidana di Rutan Purworejo ada 136 orang dan di LPKA ada 39 anak, dengan rincian, tahanan 32 orang, narapidana 102 orang, dan 39 anak pidana. Khusus yang berasal dari Kabupaten Purworejo, ada 65 orang, 2 anak dan dari luar 71 orang, 37 anak untuk narapidana.

“Remisi diberikan kepada 64 orang napi dan 20 anak, dengan pengurangan masa hukuman bervariasi,” terang Lukman.

Dalam pemberian remisi, selain dihadiri Sekda Kabupaten Purworejo, yang mewakili Bupati Purworejo, juga dihadiri pimpinan Forkopimda, Kepala LPKA Kutoarjo, serta sejumlah tamu undangan. (Jon)