6 Negara Bakal Meriahkan Festival Layang-layang di Pantai Ketawang, Purworejo

    


Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 54 klub layang-layang dari berbagai daerah se Indonesia, dipastikan akan mengikuti Festival Layang-layang Tingkat Nasional ‘Purworejo Kite Festival 2018’, yang akan diselenggarakan di Pantai Ketawang, Kecamatan Grabag, Purworejo.

Selain peserta dari dalam negeri, festival ini juga diikuti oleh enam negara yakni, Malaysia, Jepang, Polandia, Thailand, India dan Swedia, yang akan turun di kelas Exhibition.

“Festival ini akan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (28/7) dan Minggu (29/7),” jelas Agung Wibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Rabu (25/7).

Dijelaskan oleh Agung, pada hari Jum’at, peserta akan melakukan registrasi, yang dilanjutkan dengan pembagian home stay. Di hari Sabtu, festival layang-layang akan dibuka oleh Bupati Purworejo.

Namun sebelum itu, ada workshop pembuatan layang-layang yang diikuti oleh 100 anak-anak SD setempat, yang akan diterbangkan bersama bupati.

Agung, yang didampingi Panitia Pelaksana lomba, Dyah Woro Setyaningsih menjelaskan, dalam lomba tersebut, ada lima kategori yang dilombakan, yakni, layang-layang tradisional,  kategori 2 dimensi, 3 dimensi, serta kategori train naga dan rokaku.

“Masing-masing kategori akan diambil juara 1, 2 dan 3. Untuk peserta lomba, tidak dipungut biaya. Dan total hadiah yang disediakan Rp 24 juta,” jelas Dyah Woro.

Tujuan dari diadakannya festival layang-layang tingkat nasional di Pantai Ketawang tersebut, ungkap Agung, untuk lebih memperkenalkan pariwisata, khususnya Pantai Ketawang, juga untuk mengundang wisatawan.

Pada tahun lalu, kata Agung, Festival Layang-layang diadakan di Pantai Jatimalang, Purwodadi. Dan efek positif dari kegiatan tersebut, sangat terasa. Banyaknya pengunjung yang datang, membuat dagangan para penjual makanan di Pantai Jatimalang, ludes diborong pembeli.

“Ayo, datang dan saksikan Festival Layang-layang di Pantai Ketawang ini, gratis,” pungkas Agung. (Jon)