6 Mahasiswa Malaysia PPL di SMKN 1 Purworejo

    


Budiyono, saat menerima mahasiswa asal Malaysia, untuk PPL di SMK N 1 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 6 mahasiswa semester V dari Universitas Tekhnologi Malaysia, melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMKN 1 Purworejo selama satu bulan kedepan, dimulai sejak Selasa (14/2).

Keenam mahasiswa ini, terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan, dari 5 jurusan berbeda. Mereka ini, Muhammad Arif (elektronik), Muhammad Faiz (otomotif), Colenney (tehnik pengelasan), Nur Shahirah (tehnik mesin), Nur Anisah (tehnik bangunan), dan Muhammad Faizuddin (tehnik bangunan).

Para mahasiswa Malaysia ini, tengah mengikuti program pertukaran mahasiswa, antara Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dengan Universitas Tekhnologi Malaysia. Sebagai tempat prakteknya, UMP menunjuk SMK N 1 Purworejo.

“Mereka belajar tehnik pembelajaran di SMK N 1 Purworejo ini, baik teori maupun praktek,” jelas Kepala SMK N 1 Purworejo, Budiyono, Spd, Mpd, Sabtu (18/2).

Diakui oleh Budiyono, ada rasa kebanggan tersendiri bagi SMK N 1 Purworejo, dipilih sebagai tempat PPL para mahasiswa Malaysia itu.

Dari pengakuan para mahasiswa tersebut yang disampaikan kepada Budiyono, bahwa teknik pembelajaran di Malaysia dan Indonesia sedikit berbeda. Toh begitu, mereka mengakui, kalau sistem pembelajaran di SMK N 1 Purworejo bagus.

“Dari dua latar belakang yang berbeda ini, kita bisa sharing, dengan mengambil cara pembelajaran yang efektif dan efisien. Kita bisa ambil sisi positifnya,” pungkas Budiyono.
 
 
Jon