59 Siswa SMK Kesehatan Purworejo Diwisuda

    

Tamatan Siap Abdikan Diri di Masyarakat

Para siswa kelas XII SMK Kesehatan Purworejo berfoto bersama usai diwisuda - foto: Sujono/Koranjuri.com

Para siswa kelas XII SMK Kesehatan Purworejo berfoto bersama usai diwisuda – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 59 siswa SMK Kesehatan Purworejo angkatan pertama diwisuda, yang ditandai dengan pengambilan sumpah dan wasanawarsa, Sabtu (6/5), di ruang auditorium UMP. Sumpah diikuti oleh siswa kelas XII jurusan keperawatan dan farmasi.

Pengambilan sumpah dan wasanawarsa 34 orang asisten tenaga keperawatan dan 25 orang asisten tenaga farmasi itu, merupakan bentuk pernyataan diri dari lulusan program studi farmasi dan keperawatan, yang sudah melaksanakan tiga proses ujian, USBN, USBK dan UKOM.

“Dengan pengambilan sumpah tersebut, seorang asisten tenaga kesehatan baru berhak mengabdikan diri pada masyarakat dan bekerja sesuai keprofesiannya,” jelas Nuryadin, S.Sos, Kepala SMK Kesehatan Purworejo dalam sambutannya.

Sumpah, kata Nuryadin, juga merupakan suatu syarat mutlak untuk sebuah profesi asisten perawat dan farmasi, sebagaimana profesi lain, memerlukan jiwa kesatuan (corporateness). Sumpah diucap setelah memenuhi syarat-syarat keprofesian, yakni, syarat keahlian (expertise) yang ditempuh melalui uji kompetensi.

“Konsekuensi dari keahlian khusus dan sumpah, adalah tanggungjawab sosial yang harus dipegang teguh. Jadi dengan sumpah tersebut, ikatan antar anggota profesi dan tanggungjawab dalam mengemban amanat profesi juga semakin kuat,” terang Nuryadin.

Pengembangan akademik yang telah dilakukan SMK Kesehatan, kata Nuryadin, telah membuahkan hasil. Salah satunya, mampu meluluskan 100% siswa angkatan pertama, dan rangking 2 hasil UNBK SMK swasta, rangking 7 SMK negeri dan swasta se Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut, juga diumumkan peringkat UNBK paralel tahun 2016/2017. Untuk peringkat pertama, diraih Fatimah Fatmawati dari jurusan Farmasi, dengan jumlah nilai 321,2. Peringkat kedua, Maulana Ulin Nuha, dari jurusan Farmasi, dengan nilai 318,1. Dan peringkat ketiga, Rahmad Widodo, dari jurusan Farmasi, dengan nilai 314,9.

Untuk siswa yang berprestasi di bidang akademik, Retno Arum, juara lomba LKS Farmasi tingkat kabupaten tahun 2015, dan Rahmad Widodo, juara lomba LKS Farmasi tingkat kabupaten tahun 2016.

Siswa berprestasi di bidang seni tahun 2015, Hikmah Umarah Dewi, Dwi Kristiyani, dan Ulfi Ngainin Zumrotin. Dan siswa berprestasi di bidang karya ilmiah remaja tahun 2016, Farhan Aliansyah Murtadho.

Acara wisuda yang dihadiri seluruh siswa kelas XII, para orangtua/wali murid, serta sejumlah tamu undangan itu, makin meriah dengan hiburan atraksi pencak silat dan acustik band yang ditampilkan siswa SMK Kesehatan.
 
 
Jon



    





News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas