542 Pedagang Pasar Gianyar Ikuti Tes Cepat, 2 Reaktif

    


Pedagang Pasar Gianyar melakukan rapid tes, Kamis, 11 Juni 2020 - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 542 pedagang di lokasi relokasi Pasar Gianyar di Kelurahan Samplangan, menjalani rapid test, Kamis (1/6/2020) pagi. Hasilnya, dua orang dinyatakan reaktif.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Made Wisnu Wijaya mengatakan, pedagang yang hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes swab.

“Yang diperiksa sebanyak 542 orang, yang reaktif 2 orang,” jelas Wisnu Wijaya, Kamis, 11 Juni 2020.

Petugas memberlakukan isolasi mandiri kepada 2 orang yang hasilnya reaktif.

Di lokasi pemeriksaan covid-19, para petugas melakukan tes cepat kepada para pedagang secara bergantian. Mereka dibagikan nomor urut dan melakukan registrasi pendaftaran.

Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. Ida Ayu Cahyani menjelaskan, secara epidemiologi, kondisi pasar menjadi tempat pertemuan masyarakat. Maka dari ITU, sebagai sampel atau permulaan dilakukan rapid test terlebih dulu.

“Setelah pemeriksaan tes cepat ini, kita lihat hasilnya dan akan ditindaklanjuti dengan tes swab bagi yang reaktif tes cepat,” kata Ayu Cahyani.

Secara prosedur, petugas akan memperluas jangkauan tes covid-19, jika ada yang dinyatakan positif melalui tes swab.

Sementara, Kadisperindag Gianyar Ni Luh Eka Suary mengatakan, pihaknya mengikuti prosedur aturan yang berlaku.

“Kami Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar mengikuti aturan, apalagi para pedagang kami sudah mau secara sadar datang untuk memeriksakan diri mereka,” kata Kadisperindag. (ning)