5 Barista ini Pemenang Grand Final Barista Kopi Bali

    


Para pemenang Grand final Barista Kopi Bali, Lomba yang diadakan dalam memperingati HUT Ke-48 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Grand final lomba Barista Kopi Bali yang diikuti 27 peserta, akhirnya meloloskan 5 besar pemenang yang terdiri dari, 3 pemenang utama dan 2 pemenang harapan.

Juara 1 diri oleh Kadek Rai Kusuma Yuda dari Kabupaten Klungkung dengan skor 341, juara 2 diraih oleh I Made Sumardana dari Kabupaten Gianyar dengan skor 333, dan juara 3 diraih I Kadek Gus Rama Wiguna dari Kabupaten Karangasem.

Sedangkan, Juara Harapan diraih I Ladek Yudi Suryadika dari Kabupaten Gianyar dengan skor 290. Juara Favorite dengan Skor 274 Diraih oleh I Gusti Lanang Suta Arinata dari Kabupaten Karangasem.

Koordinator acara I Made Ramia mengatakan para pemenang nantinya akan diikutkan dalam ASEAN Barista Competition yang tahun ini diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura dan tahun depan di Bangkok.

“Barista profesi yang tetap eksis dan mandiri di tengah hantaman krisis pariwisata di tengah pandemi. Tujuan itu yang kita angkat dalam rangkaian HUT PDIP ke-48,” kata Made Ramia, Sabtu (22/5/2021).

Final Lomba Barista Kopi Bali ini dipersiapkan secara maksimal dengan melibatkan seluruh Komite Indonesia Food & Beverage Executive (IFBEC), Indonesia Bartender Asosiasi (IBA) dan Asosiasi Barista Indonesia (ABD).

Lomba ini diharapkan memberikan manfaat maksimal terhadap peserta lomba dan masyarakat umum terutama Petani lokal. Lima pemenang lomba mengantongi hadiah, salah satunya juara I akan membawa pulang Rp 15 juta. Ramia menambahkan, lomba Barista Kopi Bali diharapkan juga mampu menjadi inspirasi untuk semua kalangan masyarakat.

Ketua dewan juri Vivi Sofia menambahkan, event lomba Barista ini sebagai bentuk pencarian bibit baru Barista-Barista muda untuk tujuan memperkenalkan produk kopi Bali ke kancah lebih luas.

“Kopi, terutama di Bali memiliki karakter yang berbeda di wilayah tanamnya. Dalam setiap iklim juga rasanya bisa juga berbeda. Ini yang perlu dieksplor oleh para Barista, sehingga dalam kopi yang diraciknya memiliki keunggulan,” kata Vivi.

“Pelestarian produk lokal merupakan tanggung jawab kita bersama demi Bali yang lebih sejahtera,” tambahnya.

Lomba Barista Kopi Bali ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan yang ke-48. Tema yang diusung dalam HUT partai berlambang banteng moncong putih itu yakni, ‘Berkepribadian Dalam Bidang Kebudayaan’. Sedangkan Sub Tema adalah ‘Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali’.

Selain lomba Barista Kopi Bali, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali juga mengadakan berbagai kegiatan antara lain, Lomba Cocktails Berbahan Dasar Arak Bali, Lomba Barista Kopi Bali, Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali, Lomba Design Kreatif Motif Endek Bali, Desain Kreasi Busana Adat Pakem Bali, dan Lomba Website Aksara Bali. (Way)