4 Koperasi di Purworejo Terima Bantuan Mesin Industri Agro

    


Penerima bantuan mesin dan peralatan industri agro dari Kementerian Perindustrian, berfoto bersama Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan dari Kementerian Perindustrian, Edy Sutopo, serta Staf Khusus Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak empat koperasi dan kelompok badan usaha yang ada Kabupaten Purworejo, menerima bantuan mesin dan peralatan Industri Agro dari Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian. Penyerahan bantuan dilakukan Senin (17/12), di Pendopo Wakil Bupati di Kutoarjo.

Secara simbolis, bantuan diberikan oleh Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan dari Kementerian Perindustrian, Edy Sutopo, serta Staf Khusus Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto, dengan didampingi sejumlah tamu undangan dan diterima oleh perwakilan koperasi dan kelompok usaha penerima bantuan.

Keempat penerima bantuan ini yakni, Koperasi Wanita Srikandi, yang menerima bantuan berupa mesin pengolahan gula semut dan mesin pengemas minyak goreng kelapa, kelompok usaha pada Koperasi Tebu Mandiri, yang menerima bantuan mesin pengolahan gula tebu, koperasi Pondok Pesantren An-Nawawi, yang menerima satu set mesin cetak indoor dan outdoor (plotter), serta kelompok usaha pengrajin kayu Karya Abdi, yang menerima bantuan mesin proses produksi dan finishing.

Dalam kesempatan tersebut, Edy Sutopo mengungkapkan, Industri Agro saat ini memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional. Kontribusi PDB sektor industri agro terhadap industri non migas nasional, mencapai 49% lebih, dengan memberikan kontribusi tertinggi dibandingkan sektor industri lainnya.

“Tantangan untuk mengembangkan industri agro sangat besar, mulai dari terkendalanya teknologi, serta kurangnya SDM industri yang handal dan terampil dengan kompetensi yang tinggi,” ujar Edy Sutopo.

Pemberian bantuan mesin dan peralatan ini, kata Edy Sutopo, sebagai bentuk apresiasi Kementerian Perindustrian selaku pembina industri gula semut, gula tebu, dan minyak goreng kelapa, furniture dan kayu olahan, yang berkomitmen untuk membantu Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Purworejo pada khususnya, untuk bersama-sama mendorong industri agro.

Edy Sutopo berharap, dengan adanya bantuan mesin dan peralatan tersebut, dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mutu produk, yang pada akhirnya dapat menembus dan meningkatkan ekspor serta meningkatkan PAD Jawa Tengah dan Kabupaten Purworejo.

“Juga membuka peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar,” kata Edy Sutopo.

Sementara itu, Wakil Bupati Yuli Hastuti menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Kementerian Perindustrian terhadap kelompok usaha di Kabupaten Purworejo.

“Mudah-mudahan, bantuan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh peneriman bantuan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Yuli Hastuti. (Jon)