366 Siswa SMP Negeri 7 Denpasar Ikuti UNBK dengan 120 Komputer

    


Suasana UNBK di SMP Negeri 7 Denpasar - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 3 ruangan disiapkan untuk UNBK di SMP Negeri 7 Denpasar. Total siswa yang mengikuti ujian nasional itu sebanyak 366 orang dengan 120 komputer yang terbagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama dimulai pukul 07.30 – Pk 09.30, sesi kedua pukul 10.30 – 12.30 dan sesi ketiga 14.00 – Pk 16.00.

Kepala SMP Negeri 7 Denpasar Titik Wahyani menjelaskan, pihaknya tetap menggelar UNBK yang berkualitas dan berintegritas.

“Meski tidak jadi penentu kelulusan, tapi kami meminta kepada siswa untuk menjaga gengsi sebagai pelajar. Sekalipun tidak jadi penentu kelulusan, untuk siswa yang meraih nilai UN baik akan kami beri penghargaan,” jelas Titik Wahyani, Senin, 22 April 2019.

Dalam mempersiapkan UNBK, menurut Titik, pihak sekolah terus memantau perkembangan siswa sejak mulai duduk di kelas IX. Terlebih lagi, ketika mendekati waktu pelaksanaan UNBK, kegiatan ekstra yang membahas mengenai soal-soal UN juga intensif dilaksanakan.

Kepala SMP Negeri 7 Denpasar Titik Wahyani - foto: Koranjuri.com

Kepala SMP Negeri 7 Denpasar Titik Wahyani – foto: Koranjuri.com

Pada simulasi tingkat Kota Denpasar, pihak sekolah menyaring siswa-siswa yang masih kurang dalam penguasaan materi untuk diberikan pendampingan khusus.

“Kalau dalam simulasi kemarin, teman-teman di Kota Denpasar memang hampir menurun nilainya. Karena itu, disini kami mencoba memanggil siswa-siswa yang kami rasa tidak mencapai target untuk diberikan pendampingan,” ujarnya demikian.

Titik Wahyani berharap, UNBK tahun ini SMP Negeri 7 Denpasar kembali mendapatkan peringkat 5 besar. Menurutnya, peringkat 5 besar selalu diraih dalam setiap kali ujian nasional.

Sementara, di seluruh Kota Denpasar pada Ujian Nasional 2018/2019 diikuti oleh 13.133 orang dari 73 SMP Negeri dan Swasta.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar I Wayan Gunawan mengatakan, ada 34 sekolah saat ini masih menggelar Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Sedangkan 39 sekolah sudah melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Ada 8 sekolah negeri yang UNBK. Sedangkan sekolah swasta yang sudah UNBK sebanyak 31 sekolah dan UNKP ada 30 sekolah,” jelas Wayan Gunawan saat memantau pelaksanaan UN di SMP Negeri 2 Denpasar, Senin, 22 April 2019.

UNBK tingkat SMP hari pertama mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir mata pelajaran IPA. (Way)