360 Pramuka Siswa SMK TKM Purworejo Alih Golongan

    


Prosesi pelantikan alih golongan dari Penggalang ke Penegak, 360 siswa SMK TKM Purworejo, oleh Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf Muchlis Gasim selaku Kamabisaka Saka Wira Kartika, Selasa (13/8), di Makodim Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 360 Pramuka, siswa kelas X SMK TKM Purworejo, menjalani pelantikan alih golongan, dari Penggalang ke Penegak. Pelantikan secara simbolis dilakukan oleh Letkol Inf Muchlis Gasim, Dandim 0708 Purworejo, selaku Kamabisaka (Ketua Majelis Pembimbing Saka Pramuka ) Wira Kartika), Selasa (13/8) di Makodim.

Pelantikan, yang diawali dengan pengucapan janji Tri Satya ini, ditandai dengan pemasangan atribut kepada dua perwakilan peserta, oleh Muchlis Gasim, yang dilanjutkan dengan siraman air kelapa muda. Suasana khidmat, mewarnai pelantikan.

Dalam amanatnya, Muchlis Gasim berharap, agar kegiatan tersebut betul-betul bermanfaat, dalam belajar berorganisasi guna membentuk karakter disiplin, kerja sama, serta memiliki ketrampilan dalam menghadapi setiap tantangan yang dihadapi di kemudian hari.

Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika sendiri, kata Muchlis Gasim, merupakan pendidikan informal yang dapat memberikan nilai tambah bagi para pelajar, dalam rangka melaksanakan proses belajar, sehingga apa yang diperoleh merupakan bekal yang sangat berharga untuk dikembangkan, guna mencapai tujuan dan cita-cita secara maksimal.

“Pembinaan Saka Wira Kartika merupakan salah satu upaya pembinaan pendidikan bela negara dalam membentuk kader generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” kata Muchlis Gasim.

Dalam kesempatan tersebut, Ki Gandung Ngadino, SPd, selaku Kepala SMK TKM Purworejo mengatakan, dengan pelantikan alih golongan tersebut, secara otomatis, para Penegak baru tersebut menjadi anggota Pramuka Saka Wira Kartika, binaan Kodim 0708.

“Sebelum dilantik, mereka menjalani perkemahan sehari semalam, Senin (12/8), di lapangan Garnisun, Purworejo. Dengan perkemahan ini, siswa dilatih mandiri, berdisiplin, dan mengenal alam,” ungkap Ki Gandung.

Dijelaskan oleh Ki Gandung, Pramuka Saka Wira Kartika, Ambalan Ki Hajar Dewantara yang berpangkalan di SMK TKM Purworejo, merupakan salah satu sekolah di Purworejo yang kepramukaannya dibawah binaan Kodim 0708.

Dalam bimbingan ini, siswa diberi pemahaman tentang landasan ideologi negara, wawasan kebangsaan, NKRI, dan kedisiplinan. Ki Gandung pun mengungkapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0708, atas kerjasamanya di bidang kepramukaan ini.

“Ini sebagai penangkal pemahaman radikal. Tanpa benteng yang kuat, remaja rawan disusupi paham radikal ini,” kata Ki Gandung. (Jon)