3 Spesialis Ranmor Dibekuk Tim Jatanras Polda Bali

    


Tiga pelaku ranmor dibekuk Unit II Jatanras Polda Bali ketika akan menjual onderdil sepeda motor yang sudah dikanibal - foto: Suyanto/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Penelusuran selama sebulan yang dilakukan tim Unit II Jatanras Polda Bali berhasil membekuk tiga garong sepeda motor. Mereka kawanan penjahat spesialis curanmor yang beroperasi di wilayah Bali.

“Ada 5 sepeda motor yang kami amankan dan diduga hasil kejahatan mereka,” jelas Kanit II Subdit III, Kompol Pande Ketut Sugiarta, 15 November 2016.

Otak pelakunya sendiri adalah Arik Irwanto alias Edo yang selalu mencari pasangan berbeda dalam setiap kali melakukan aksi. Ia merupakan residivis yang pernah 1,5 tahun masuk bui dalam kasus curat di Jombang, Jawa Timur.

Dijelaskan Pande, penangkapan itu berawal dari informasi yang diterima polisi bahwa Edo akan menjual sebagian spare part sepeda motor ke pasar Kreneng. Dengan cara kanibal mesin, mereka lebih mudah mengelabui petugas.

Ketiga pelaku masing-masing berasal dari Lumajang dan dua orang dari Pasuruan. Mereka datang ke Bali bekerja sebagai buruh bangunan. Namun menurut Pande, profesi buruh hanya sebagai kedok semata.

“Siangnya mereka bekerja sebagai buruh, malamnya mereka melakukan aksi. Modusnya menggunakan kunci T,” jelas Pande Ketut Sugiarta.

Kawanan spesialis ranmor ini ditengarai merupakan jaringan lintas pulau.
 
 
Yan