3 Siswa Terbaik Raih The Best of The Year dalam Purnawiyata Kelas IX SMPN 33 Purworejo

    


Kepala SMPN 33 Purworejo, Dr Nikmatur Rohmah, M.Pd, saat menyerahkan penghargaan kepada tiga siswa terbaik peraih The Best of the Year, Rabu (15/06/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 212 siswa kelas IX SMPN 33 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022 yang berasal dari 7 kelas, mengikuti Purnawiyata, Rabu (15/06/2022). Mereka semua dinyatakan lulus. Dari Purnawiyata ini, tiga siswa terbaik meraih The Best of the Year, karena meraih nilai tertinggi dalam ujian.

Kegiatan Purnawiyata yang dihadiri Kepala Sekolah, orangtua siswa, Komite Sekolah, serta bapak ibu guru ini, diawali dengan penampilan seni dari siswa.

Purnawiyata ditandai dengan pemasangan samir oleh Kepala SMPN 33 Purworejo, Dr Nikmatur Rohmah, M.Pd, kepada perwakilan wisudawan di atas panggung, diikuti siswa lainnya, yang pemasangan samirnya dilakukan oleh wali kelas masing-masing.

Kemudian dilanjutkan dengan serah terima siswa dari sekolah yang diwakili Kepala Sekolah kepada orangtua siswa yang diwakili dari Komite Sekolah, Imam Prawoto.

Dalam kesempatan tersebut, Nikma, panggilan akrab Nikmatur Rohmah menyampaikan, bahwa pihaknya tidak bisa memberikan yang terbaik, karena dari sekian wali murid dan siswa, ada banyak hal yang keinginan/kemauannya tidak terakomodir dengan baik. Meski mungkin tidak sesuai harapan, tapi pihaknya sudah melaksanakan semaksimal mungkin.

Untuk yang mendapat nilai tertinggi, Nikma mengucapkan selamat. Dia berpesan agar jangan sombong, karena itu bukan berarti kesuksesan. Dia juga memberikan motivasi bagi siswa yang belum mendapatkan nilai tertinggi, agar jangan berkecil hati, bahwa ini akhir dari semuanya.

“Pada hakikinya, hari ini mendapakan ijasah, itu baru di awal. Selanjutnya masih ada proses pembelajaran hidup, yang nantinya akan mempengaruhi pola hidup,” kata Nikma.

Khusus untuk wali murid, dia berpesan agar anak-anaknya didampingi betul. Pada capaian ini bukan berarti final, ini baru menapak, ibarat orang berjalan baru satu tapak.

Nikma juga menyampaikan kabar gembira, bahwa 5 siswa SMPN 33 Purworejo tahun ini diterima di SMK Jawa Tengah. Dia berpesan, karena misinya tidak hanya membawa diri sendiri, tapi juga keluarganya, serta almamaternya, maka haruslah bisa membawa diri.

“Nanti mereka yang akan menyebarkan kesana, dan membawa nama itu kesana. Saya yakin kalau sudah terbentuk karakter baik, karakter itu akan dikenang selamanya,” ujar Nikma.

Terpisah, Siti Djuwariyah, S.Pd selaku Panitia Penyelenggara menjelaskan, ketiga siswa terbaik peraih The Best of the Year ini, Inayatul Maula (IX D, jumlah nilai 944.3, nilai rata-rata 85,85), Hanna Aprilia Az-Zuhra (IX D, jumlah nilai 942.8, nilai rata-rata 85,71), Amalia Nurul Yaqin (IX A, jumlah nilai 939.9, nilai rata-rata 85,45).

Selain The Best of The Year, penghargaan juga diberikan kepada peringkat 1 dan 2 untuk masing-masing kelas

“Peraih The Best of The Year mendapatkan penghargaan berupa buket uang, slempang, piagam dan cinderamata,” pungkas Siti Djuwariyah. (Jon)